Bogor > Laporan Utama

Cegah Penyakit Tidak Menular, PNS Kota Bogor Ikuti Tes Kesehatan

Selasa, 12 September 2017 18:44 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : M Nashrudin Albaany

Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bogor mengikuti pemeriksaan kesehatan faktor resiko penyakit tidak menular yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor
Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bogor mengikuti pemeriksaan kesehatan faktor resiko penyakit tidak menular yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor
Foto : M Nashrudin Albaany

Share this








PNS Kota Bogor mengikuti tes kesehatan untuk mencegah resiko penyakit tidak menular seperti diabetes melitus, asma hingga kanker

BOGOR- Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bogor mengikuti pemeriksaan kesehatan faktor resiko penyakit tidak menular yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor di ruang Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Selasa (12/09/2017).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bogor, Lindawati mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dalam rangka promotif dan preventif kesehatan PNS. Pasalnya, pemeriksaan kesehatan tanpa indikasi sakit seperti ini belum bisa dicover menggunakan BPJS. 

"Penyakit tidak menular yang masuk dalam lima besar itu jantung dan pembuluh darah, Penyakit Pulmonari Obstruktif Kronis dan asma, Diabetes Melitus, penyakit metabolik dan kanker. Resiko penyakit tidak menular bisa dideteksi dengan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh," kata dia.

Pada pemeriksaan kesehatan ini, pihaknya melakukan pemeriksaan mulai dari tes kejiwaan melalui quesioner, wawancara riwayat penyakit, tes tekanan darah, tes IMT atau tes untuk melihat obesitas, pemeriksaan gula, kolesterol, pemeriksaan jantung, pemeriksaan paru-paru, kadar oksigen hingga HIV.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, lanjut Linda, kebanyakan pegawai mengalami obesitas dan trigliserida. Penyakit ini biasanya dikarenakan pola makan yang kurang baik dan kurang bergerak.

"Meski tidak termasuk dalam resiko penyakit tidak menular, tetapi seseorang yang obesitas beresiko terkena berbagai penyakit. Sementara Trigliserida jika dibiarkan rentan menjadi kolesterol," jelasnya.

Linda berharap, dari pemeriksaan ini PNS di lingkungan Pemkot Bogor bisa mengatahui secara dini faktor resiko penyakit tidak menular sembari mencegah. "Karena mencegah lebih murah dibanding mengobati," pungkasnya.