Bogor > Laporan Utama

Akan Ada Eco Village di Katulampa Bogor

Selasa, 18 April 2017 15:14 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Kawasan Katulampa, Bogor.
Kawasan Katulampa, Bogor.
Foto : istimewa

Share this








Disparbud Kota Bogor menilai, kawasan Katulampa sangat layak untuk dikembangkan dan bisa 'dijual' kepada wisatawan.

BOGOR - Bersama dinas terkait lainnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor tengah berupaya mengubah pola pikir masyarakat di RW 7 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Hal itu dilakukan untuk menjadikan wilayah pemukiman warga di sana sebagai salah satu sentra ekonomi kreatif.

Bahkan rencananya, Disparbud akan mengembangkan wilayah itu sebagai salah satu destinasi wisata baru di Kota Bogor. Konsep wisata yang dihadirkan juga berbeda dengan yang ada pada umumnya, yakni eco village.

"Selain banyaknya industri-industri rumahan yang telah dilakukan warga di sini, terutama di bidang kuliner, wilayah ini juga masih terbilang sangat asri meski berada tidak jauh dari pusat kota. Oleh karena itu, kami pikir sangat layak untuk dikembangkan dan bisa 'dijual' kepada wisatawan," ujar Kepala Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi.

Meski diakuinya tidak akan mudah, tetapi Shahlan yakin bahwa dengan bantuan dan sinergitas bersama semua pihak khususnya warga setempat, hal itu dapat direalisasikan. Apalagi, sambungnya, potensi yang ada sangat besar dan layak untuk dipromosikan.

"Oleh karena itu, kami juga sudah mengunjungi beberapa industri kreatif di bidang kuliner di sini. Hasilnya tidak kalah dengan produk-produk yang sudah memiliki brand besar. Hanya saja, memang masih memerlukan sedikit pembinaan seperti soal pengemasan dan pemasarannya. Maka insya allah, kami akan membantu mereka dengan mengikutsertakannya di pameran-pameran atau bazaar," jelas Shahlan.