Bogor > Kuliner

Manfaat Lain Alpukat, Bisa untuk Otak

Senin, 07 Agustus 2017 09:21 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

alpukat
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Selain enak untuk dibuat olahan jus, alpukat ternyata memiliki fungsi lainnya, yakni sebagai peningkat kemampuan otak.

JAKARTA – Menurut hasil studi terbaru, mengonsumsi alpukat ternyata dapat meningkatkan kemampuan otak. Menurut detik.com seperti lansirannya dari Men's Health, Kamis (3/8/2017) dalam penelitian di Frontiers in Aging Neuroscience, tim ahli melibatkan 60 orang berusia 25 tahun sampai 45 tahun.

Tim ahli mengukur kadar karotenoid spesifik yang disebut lutein. Kemudian, tim ahli juga mengukur aktivitas otak dan respons neuron mereka saat melakukan tugas berat.

Tim ahli menemukan, orang tua yang memiliki tingkat lutein lebih tinggi menunjukkan respons saraf yang setara dengan orang yang lebih muda yang memiliki kadar lutein lebih rendah. Selain alpukat, lutein juga bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan juga kangkung.

Sepertinya lutein memainkan peran protektif di otak, karena orang-orang dengan tingkat lutein yang lebih tinggi dapat mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Baca Juga : Inilah Makanan Jepang yang Kaya Nutrisi

Studi ini tidak melihat bagaimana sebenarnya nutrisi tersebut membantu, namun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa lutein menunjukkan sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu memperbaiki fungsi otak.

Selain untuk otak, disampaikan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD, beberapa waktu lalu bahwa kelebihan lain dari buah alpukat ini yaitu memiliki kandungan beta-sitosterol tinggi yang diyakini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.