Bogor > Komunitas

Urban Sakola, Ajak Anak Bogor Kenali Budaya Sunda

Senin, 11 September 2017 10:28 WIB
Editor : Ari Astriawan | Reporter : Arimbi M

Urban Sakola
Komunitas Urban Sakola Bogor mengajak anak muda Bogor untuk melestarikan budaya Sunda.
Foto : Arimbi Margono

Share this








Komunitas yang diinisasi kaum muda Kota Bogor ini bercita-cita membangun pendidikan yang berbudaya.

BOGOR - Kepedulian terhadap dunia pendidikan Indonesia merambah banyak kalangan, termasuk anak muda Kota Bogor. Sekarang ini ada banyak komunitas yang fokus kegiatannya pada pendidikan Urang Bantu Sakola (Urban Sakola) salah satunya.

Komunitas sosial yang terbentuk pada tanggal 12 April 2014 ini awalnya didirikan oleh Mira Mulyani Muslihat dengan mengusung konsep pendidikan yang berbudaya, khususnya budaya Sunda.

“Kami ingin mengenalkan, menanamkan dan menerapkan nilai-nilai kebudayaan kepada adik-adik. Karena merekalah sebenarnya generasi penerus bangsa. Kami memprioritaskan anak-anak yang berada di pelosok Bogor yang masih membutuhkan bantuan kita,”kata Mira Mulyani Muslihat.

Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, biasanya Komunitas yang memiliki puluhan founder ini juga melakukan bakti sosial. Biasanya kegiatan Komunitas Urban Sakola dilakukan setiap akhir pekan. Satu periode kegiatan bisa berlangsung selama satu hingga 2 bulan.

Uniknya lagi, komunitas ini memiliki moto "Membangun Pendidikan yang Berbudaya" Jadi komunitas ini juga mengenalkan budaya Sunda lewat seni musik, cerita rakyat dan sejarah.

“Jadi selain pintar, mereka juga harus mengenal budayanya sendiri,” pungkas Mira.