Bogor > Komunitas

Pahlawan Kebersihan di Helaran Hari Jadi Bogor

Senin, 17 Juli 2017 15:47 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Komunitas Bogor Clean Action
Komunitas Bogor Clean Action
Foto : istimewa

Share this








Ada sejumlah orang yang diam-diam membersihkan jalur fastival Helaran Hari Jadi Bogor (HJB). Pahlawan kebersihan ini merupakan Komunitas Bogor Clean Action.

BOGOR – Sejak Minggu (16/7/2017) pagi, ribuan orang telah memadati Jalan Jend. Suidrman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Mereka menunggu, mereka ingin menyaksikan Helaran Seni Budaya dan Pawai Mobil Hias dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-535. Ketika helaran dimulai, warga larut dalam keceriaan. Di saat bersamaan, sampah pun mulai berserakan.

Bisa dibayangkan, sampah dari ribuan orang yang secara bersamaan memadati ruas jalan hampir sepanjang 1 kilometer. Jika tidak segera diangkut, pasti akan sangat menumpuk. Terlebih, event tahunan tersebut berlangsung dari pagi hingga menjelang sore.

Untungnya, ada sekelompok anak muda yang getol memungut sampah di sana. Mereka bukan pemulung, melainkan sekelompok pemuda yang sengaja bergerak untuk menjaga kebersihan, dan membudayakan cinta lingkungan dengan aksi memungut sampah. Mereka adalah komunitas Bogor Clean Action.

“Kegiatan mulung sampah ini memang rutin dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli masyarakat terhadap kebersihan, dan menyosialisasikan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya,” ucap Alya, salah satu koordinator Komunitas Bogor Clean Action yang ditemui saat memungut sampah di Helaran HJB, kemarin.

Bersama teman-temannya dari komunitas Bogor Clean Action, Alya memungut botol bekas, kertas, brosur, bungkus rokok, hingga puntung rokok yang di buang sembarangan. Panas terik matahari dan sesaknya area Jalan Jend. Sudirman pada saat helaran, tak menyurutkan niat mereka untuk menjaga kebersihan.

“Ini juga kita lakukan untuk membantu petugas kebersihan, serta menumbuhkan rasa solidaritas untuk peduli dengan kebersihan lingkungan,” tambahnya.

Sementara ketika diminta untuk menjelaskan komunitasnya, Alya menjelaskan bahwa Bogor Clean Action merupakan sekumpulan orang yang rutin melakukan aksi bebersih, tanpa rasa sungkan memungut sampah orang lain, dan menegur jika ada orang yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

“Jadi, siapapun yang ingin menjadi relawan silahkan. Kami terbuka bagi siapa saja yang ingin sama-sama menjaga kebersihan serta lingkungan,” ajak Alya.