Bogor > Komunitas

Bogor Musang Lovers, Bersahabat dengan Musang

Senin, 31 Juli 2017 10:00 WIB
Editor : | Reporter : Arimbi M

Bogor Musang Lovers
Bogor Musang Lovers
Foto : Deni Januardi

Share this








Berjalan dari tangan ke pundak dan ke tangan kembali adalah aktivitas hewan bernama musang ketika berada di tangan sang pemiliknya.

Info Komunitas - Berjalan dari tangan ke pundak dan ke tangan kembali adalah aktivitas hewan bernama musang ketika berada di tangan sang pemiliknya. Hewan ini terlihat akrab, bahkan terkesan sangat jinak. Tak nampak ada keganasan ataupun liar. Bahkan hewan yang sering dianggap sebagian orang sebagai hama ini tidak melawan saat dipegang oleh anak kecil. 

Anggapan sebagian orang bahwa musang adalah hewan hama, dibantah oleh komunitas pencinta musang bernama Bogor Musang Lovers. Komunitas yang terbentuk pada 16 Oktober 2013 ini mempunyai misi yakni musang bukanlah hama pengganggu yang harus dimusnahkan. Musang bisa menjadi hewan peliharaan yang jinak, manja dan menggemaskan. “Kami sepakat untuk terus menjalankan misi kami ini,” ungkap Faisal Purbowo, Humas Bogor Musang Lovers.

Untuk menjalankan misi tersebut, komunitas ini kerap kali diundang oleh pemerintah atau sekolah untuk mengenalkan hewan jenis omnivora ini. Para anggota juga sering mengikuti beragam kontes musang yang diadakan Musang Lovers Indonesia. Lanjut Faisal, musang tidak berbeda dengan hewan lainnya seperti kucing atau anjing. Hewan ini bisa menjadi penurut bila dilatih dan eksotis jika dirawat dengan baik. Cara perawatannya pun tidak jauh berbeda dengan anjing dan kucing. 

Saat ini, Bogor Musang Lovers ini telah memiliki anggota sebanyak 40 orang yang kerap berkumpul seminggu sekali di Taman Heulang Bogor atau Taman Kencana Bogor. Keberadaan Bogor Musang Lovers ini juga sudah tergabung dalam Perkumpulan Pecinta dan Pelestaria Musang Indonesia (P3MI). “Saat ini, komunitas kami juga  sedang fokus mengembangbiakan musang dengan proses breeding,” jelas Faisal. 

Diakuinya, ada beberapa dari anggotanya yang sudah berhasil mengembangbiakan musang. Faisal berharap ke depannya pandangan masyarakat tentang musang bisa berubah. Selain itu, harapannya juga musang bisa menjadi hewan peliharan bagi semua orang.