Bogor > Komunitas

Aksi WABE Project Bersihkan Kota Bogor

Kamis, 12 Oktober 2017 12:51 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Arimbi M

WABE Project
WABE Project, sebuah komunitas peduli lingkungan di Kota Bogor.
Foto : Arimbi Margono

Share this








Waste Bank for Education Project (WABE Proect) merupakan komunitas yang bergerak di bidang lingkungan melakukan aksi bersihkan Kota Bogor dari sampah.

BOGOR – Sampah masih menjadi momok di wilayah seperti Kota Bogor. Kemunculan Waste Bank for Education Project  atau WABE Proect, sebuah komunitas yang peduli lingkungan secara rutin melakukan aksi bersihkan Kota Bogor dari sampah. 

Setiap bulannya, komunitas ini melakukan aksi membersihkan sampah di beberapa lokasi berbeda di Kota Bogor. Selain aksi itu, komunitas yang terbentuk pada 27 September 2014 ini juga punya program bank sampah dan mendaur ulang sampah organik. 

Sampah-sampah tersebut dikumpulkan oleh warga sekitar Balenesia yang merupakan basecamp WABE Project di Kp. Ceger Kelurahan Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat

Sampah yang dikumpulkan lalu dinilai oleh Komunitas WABE Project. Setiap 1 kg diberikan nilai 1 poin. Nantinya poin yang sudah terkumpul bisa ditukarkan dalam bentuk peralatan sekolah seperti tempat pensil, tas, buku, seragam, dsb.

Selama tiga tahun berdiri, WABE Project sudah bekerja sama dengan berbagai pihak. Mereka juga sudah berkeliling tempat untuk mengikuti pameran baik di Bogor ataupun di luar Bogor.

Pada tahun 2015 Komunitas ini mendaptkan penghargaan "Produk Terunik" pada acara 'Indonesia Environmental Summit' di Universitas Padjajaran Jatinangor.