Bogor > Kesehatan

‘Teman Sambal’ Ini Ternyata Ampuh Tangkal Radikal Bebas

Kamis, 13 Juli 2017 14:45 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Pohpohan dan sambal
Pohpohan dan sambal
Foto : istimewa

Share this








Dalam masakan khas Sunda, sambal biasanya didampingi oleh lalap atau sayuran mentah. Ternayata, ada ada satu jenis lalap yang ampuh tangkal radikal bebas.

BOGOR – Menyantap masakan Sunda tak lengkap tanpa lalap dan sambal. Sebab, memang begitulah khasnya. Lalap yang berupa sayuran mentah ini dicocol ke sambal, lalu disuapkan ke dalam mulut bersama nasi dan lauknya.

Jenis lalap dalam masakan sunda pun beragam, mulai dari kemangi, timun, selada, hingga kembang kol. Namun tahukah anda jika ada satu jenis lalap yang memiliki anti-oksidan tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas? Jenis lalap itu adalah pohpohan.

Dikutip dari Republika.co.id, tiga tahun terakhir Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof.  Dr.  Ir.  Hardinsyah MS melakukan penelitian terhadap 24 jenis buah dan sayur lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sisi kesehatan konsumsi sayur dan buah.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa pohpohan menjadi sayuran dengan nilai manfaat tertinggi dalam menangkal radikal bebas. Sementara untuk buahnya, Hardinsyah menemukan bahwa delima memiliki manfaat yang nyaris sebanding dengan pohpohan.

Hardinsyah menambahkan, konsumsi sayur dan buah secara rutin dalam jumlah tertentu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Penelitian berskala besar terkait hal tersebut menyingkap sebuah fakta, orang yang mengonsumsi 400 gram sayuran setiap hari selama 15 hingga 20 tahun dapat mengurangi  potensi kematian akibat timbulnya penyakit pembuluh darah seperti jantung koroner dan stroke.

“Penyakit pembuluh tersebut telah menjadi penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia dan, bergeser dari beberapa tahun sebelumnya yang didominasi  penyakit infeksi seperti tuberkulosis dan semacamnya,” tuturnya.