Bogor > Kesehatan

‘Perpanjang’ Umur dengan Lari Pagi

Senin, 17 April 2017 09:48 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

ilustrasi - lari pagi
ilustrasi - lari pagi
Foto : istimewa

Share this








Dengan lari pagi selama 1 jam, umur akan ‘bertambah’ selama 7 jam.

BOGOR – Memulai hari dengan lari pagi merupakan hal baik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun tahukah anda, selain sehat lari pagi juga dapat membuat usia hidup lebih panjang?

Penelitian menyebutkan bahwa tiap satu jam lari pagi akan menurunkan risiko kematian dini hingga 40 persen. Ini setara dengan tambahan umur selama 7 jam lebih panjang.

Manfaat ini tidak tertuju pada jenis lari tertentu. Apakah itu lari cepat, lambat, atau lari jarak jauh. Peluang memperpanjang umur selama 7 jam tetap didapat tiap kali berlari selama satu jam.

Temuan ini terungkap dalam sebuah penelitian di jurnal Progress in Cardiovascular Diseases, yang melibatkan sekitar 55.000 orang. Pada partisipan yang suka berlari, ditemukan faktor risiko kematian dini yang lebih rendah dibanding yang lain. Di antaranya adalah tekanan darah tinggi dan kelebihan lemak tubuh.

Baca Juga : ‘Ini yang Menarik dari Money Politic’

Dikutip dari NYtimes, para ilmuwan tidak menemukan efek serupa pada olahraga selain lari. Meski sama-sama menyehatkan, dalam penelitian ini hanya lari yang memangkas risiko kematian dini sebesar itu.

Tapi jangan pernah berpikir untuk berlari terus menerus demi mendapatkan hidup kekal alias tidak mati-mati. Menurut penelitian tersebut, manfaat lari untuk mendapatkan umur panjang akan mencapai plateau alias sudah tidak bertambah lagi setelah angka 4 jam tiap pekan. Artinya, tambahan umur maksimal yang bisa didapat hanya sekitar 3 tahun.