Bogor > Kesehatan

Cara Super Simpel Atasi Hidung Mampet

Minggu, 06 Agustus 2017 11:00 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Ilustrasi - Hidung tersumbat
Ilustrasi - Hidung tersumbat
Foto : istimewa

Share this








Meski bukan masalah serius, namun hidung yang mampet akan terasa mengganggu. Terlebih jika terjadi saat beraktivitas atau ketika hendak tidur.

BOGOR - Hidung mampet atau tersumbat bukan tergolong penyakit serius. Namun, hal ini cukup menganggu mereka yang mengalaminya. Terlebih jika hal ini terjadi di tengah kesibukan aktivitas atau ketika hendak tidur setelah lelah seharian bekerja. Pasti akan sangat mengganggu dan menjengkelkan karena penderitanya jadi sulit bernapas melalui hidung.

Perlu diketahui, hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung menjadi bengkak akibat adanya cairan berlebih. Nah, karena ini bukan bukan penyakit serius, maka bisa diobati atau diatasi dengan cara yang mudah pula, atau bahkan terbilang sangat simpel.

Mengutip Vemale.com, saat mengalami hidung tersumbat, coba siapkan tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Aduk rata kedua bahan ini, lalu simpan di wadah yang kedap udara. Setelah itu, larutkan bahan-bahan tadi dengan 230 ml air hangat. Setelah itu, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala. Tuangkan sedikit larutan ke salah satu lubang hidung dan biarkan mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Selama proses ini berlangsung, disarankan bernapas lewat mulut.

Metode ini akan membantu melegakan hidung tersumbat sekaligus menghilangkan virus dan bakteri dalam hidung.