Bogor > Kesehatan

Awas, Jangan Sepelekan Gigi Berlubang

Senin, 11 September 2017 13:24 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Arimbi M

Gigi keropos
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Dokter spesialis gigi dari Omy Dental Care, drg Rommy Fatria mengungkapkan untuk tidak menyepelekan masalah gigi berlubang, karena menyebabkan infeksi

BOGOR – Kesehatan gigi dan mulut terkadang minim perhatian oleh beberapa orang. Terutama, masalah lubang di gigi yang sering dianggap sebagai penyakit yang remeh. Tapi, siapa sangka jika penyakit yang selama ini dianggap sepele memiliki dampak yang besar untuk kesehatan tubuh jika dibiarkan tanpa perawatan yang benar.

Menurut Dokter spesialis gigi dari Omy Dental Care, drg Rommy Fatria, banyak penyakit yang berawal dari kesehatan gigi dan mulut terutama gigi berlubang.

“Sebagian orang terkadang meremehkan penyakit ini dengan membiarkannya. Namun jika dibiarkan dalam jangka panjang, gigi berlubang yang di anggap sepele ini bisa memicu munculnya penyakit sistemik, jika gigi berlubang tidak sering dibersihkan, gigi akan lebih mudah dimasuki bakteri dan kuman. Jika dibiarkan akan menjadi masalah karena bisa terjadi infeksi kronis di suatu tempat yang akan memicu penyakit lain,”jelas Rommy.

Lebih lanjut, Rommy menambahkan penjalaran infeksi gigi terjadi melalui berbagai cara. Seperti melalui pernapasan dan saluran cerna misalnya. Material infektif yang tertelan dapat menimbulkan tonsilitis, faringitis, dan berbagai kelainan pada lambung. Selain itu, aspirasi material infektif dapat menimbulkan laringitis, trakeitis, bronkitis atau pneumonia. “Setidaknya, ada 41 penyakit yang bisa timbul akibat infeksi gigi. seperti sinusitis maksilaris, rhematoid arthritis, kerusakan ginjal, dan meningitis,” tambah Rommy.

Namun biasanya komplikasi yang banyak terjadi akibat infeksi gigi yaitu gangguan mata. Mata jadi cepat lelah dan terasa nyeri, khususnya pada bagian atas kelopak mata. Hal itu terjadi karena gigi dan mata memiliki induk syaraf yang sama. Maka dari itu sebaiknya jika gigi ada yang berlubang jangan dibiarkan dan segera diberi perawatan khusus. Untuk mengatasi gigi berlubang, dokter spesialis gigi akan mengeluarkan dan membersihkan jaringan karies yang rusak, dan gigi yang berlubang langsung akan ditambal. Untuk perawatan gigi berlubang bisa dilakukan pemeriksaan 5 bulan sekali agar tetap terjaga kebersihannya.

“Sebaiknya gigi berlubang jangan dicabut. Karena, dari pencabutan itu akan merusak struktur gigi. jika gigi bawah di cabut, gigi atas akan turun,” tutupnya.