Bekasi > Usaha

Marak Transportasi Online, Bekasi Luncurkan Angkot AC

Senin, 15 Mei 2017 17:37 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Yusuf Bachtiar

Dirjen Transportasi Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto Iskandar (kanan) saat meresmikan Angkot ber-AC.
Dirjen Transportasi Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto Iskandar (kanan) saat meresmikan Angkot ber-AC.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Sejauh ini, baru ada satu unit angkot yang sudah dilengkapi AC. Ke depannya bisa lebih banyak lagi angkot AC di Bekasi.

BEKASI – Direktur Jenderal Transportasi Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pudji Hartanto Iskandar menghadiri peresmian angkot ber-AC pertama di Bekasi, Senin (15/5/2017). Peluncuran angkot dengan fasilitas AC ini berlangsung di halaman kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

"Ini juga untuk menunjang daya saing, kita lihat begitu banyak moda transportasi, terlebih sejak adanya transportasi online, makanya angkot juga harus bertransformasi memberikan fasilitas yang tidak kalah nyaman," Ungkapnya

Dia menambahkan, sejauh ini baru ada satu angkot ber-AC di Kota Bekasi. Keberadaan angkot ber-AC itu juga memang inisiatif dari pemilik angkot bernama Haiva Rosi yang mengaku tertantang menjadikan angkot miliknya ber-AC dengan biaya modifikasi estimasi Rp 15 juta.

"Saya sangat apresiatif dengan pengusaha angkot seperti Ibu Rosi. Dia beberapa kali komunikasi dengan saya kalau angkot miliknya sudah jadi, saya diminta me-launching," paparnya.

Baca : Herbacilious, Menangguk Untung dari Sabun Herbal

Satu-satunya angkot ber-AC di Kota Bekasi ini merupakan angkot 02 trayek Pondok Gede-Terminal Bekasi. Sementara, mengenai tarif sejauh ini Dirjen Transportasi Darat dan Pemilik Angkot serta Pemkot Bekasi belum merumuskan besaran yang akan dikenakan penumpang. Namun, untuk sementara tarif akan mengikuti tarif normal seperti angkot pada umumnya.

"Ya ini pilot project ya. Nanti ke depannya akan dirumuskan kembali soal tarif. Tapi yang perlu digarisbawahi berdasarkan Permen (Peraturan Menteri) Nomor 25 tahun 2015 itu sudah ada standar pelayanan minimum angkot, salah satunya tahun 2018 angkot harus sudah ber-AC" pungkasnya.