Bekasi > Usaha

Kunst & Pencil Ling Inc, Konsistensi Mengenalkan Seni ke Masyarakat

Rabu, 19 April 2017 17:09 WIB
Editor : Admin | Reporter : Leny Kurniawati

Kunst & Pencil Ling Inc.
Kunst & Pencil Ling Inc.
Foto : Ibnu Wibowo

Share this








Berawal dari Pulau Dewata, sanggar seni ini justru tumbuh, berkembang dan eksis di Kota Patriot, Bekasi.

Info Usaha - Bermula dari menyediakan satu pensil dan sehelai kertas, Fawzy Onishi, Historian Artist asal Bali, memulai usaha sanggar melukisnya Kunst & Pencil Ling Inc.. Sempat membuka sangar seni di tanah kelahirannya, ia kemudian memutuskan untuk hengkang ke Kota Bekasi karena beberapa alasan di tahun 2002. “Keputusan memilih Bekasi, di sini masyarakatnya antusias dengan seni, siapa pun mau dan bisa berkenalan dengan seni. Mulai dari pelajar, pegawai kantoran hingga ibu rumah tangga,” kenang Fawzy.

Lebih jauh ia menerangkan, pengetahuan dan pemahaman satu mindset seni sangatlah penting, lantaran bisa membuat lebih simpel, tepat dan mudah dalam melakukan banyak hal, khususnya belajar. Untuk itu, lanjutnya, sanggar seninya memiliki program fun art dan art academy. “Di sini, anak bisa mengenal seni secara menghibur. Kalau mereka bisa mengenal seni tanpa beban, mereka nanti bisa mengeksplorasi membuat titik, kemudian eksplorasi bentuk, hingga warna, kesemuanya secara fun,” ungkapnya. 

Fawzy mengatakan, sanggar seninya juga membantu mengarahkan Anda sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda dalam membuat gambar atau lukisan. Meski, secara umum acuan yang berlaku itu biasanya berkiblat ke Eropa.

Kata Fawzy, sebelum hadir di lokasi saat ini, Persada Kemala Blok.21 No.6, Jakasampurna. Galerinya hadir di kawasan Kalimalang. Namun, karena suatu alasan, galerinya harus pindah ke lokasi berada saat ini. “Selain itu, kami juga memiliki lokasi di Tambun. Di sana kami membikin pameran kecil, sehingga selalu ada aktivitasnya. Saat ini kami sedang mengadakan pameran,” jelasnya. 

Ditambahkan olehnya, sebagai orang seni, dirinya berharap Pemerintah Kota Bekasi turut dan terus mendukung perkembangan seni di kota ini. Bahkan, jika perlu menyediakan tempat atau wadah khusus, seperti galeri atau studio, agar karya seni bisa lebih dipamerkan ke masyarakat. “Ini yang saya harapkan pada Pemkot Bekasi,” pungkasnya.