Bekasi > Profil

Dari AKPAR NHI Bandung Ke Java Palace Hotel

Selasa, 29 Agustus 2017 15:45 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Indah Mulyanti

Jaka Pratama
Jaka Pratama.
Foto : Indah Mulyanti

Share this








Lulus dari AKPAR NHI Bandung, Jaka justru lama melanglang buana di kapal pesiar, sebelum akhirnya bergabung dengan Java Palace Hotel Cikarang.

BEKASI – Alumnus AKPAR NHI Bandung ini tidak pernah membayangkan dirinya akan berkecimpung di dunia F&B. Maklum, pemilik nama Jaka Pratama yang akrab disapa Jaka ini justru memulai karirnya di kapal pesiar. “Saya senang adventure. Saya ingin ke luar negeri bukan untuk kerja, tapi ingin jalan-jalan dengan gratis,” kenang pria yang kini menjabat sebagai F&B Manager Java Palace Hotel Cikarang ini.

Berbekal pengalamannya di dunia F&B selama belasan tahun, membuat Jaka memiliki segudang pengalaman yang dibawanya untuk menjalani posisi saat ini. Termasuk strategi untuk menarik konsumen, mengingat kian pesatnya pertumbuhan hotel di Cikarang yang berimbas pada ketatnya persaingan yang ada."Mengenai persaingan di F&B hotel kita harus terjun langsung ke dalamnya. Dengan cara memberikan paket-paket promo. Harga kita sangat kompetitif dengan hotel lain karena kita harus mengikuti pangsa pasar tanpa mengesampingkan kualitas,"ungkapnya.

Jaka melanjutkan, selain soal makanan yang lezat, ia juga harus putar otak untuk menjaga kualitas pelayanan kepada konsumen. Tak heran jika ia selalu dituntut untuk terus berinovasi, berbekal ide-ide dari pengalaman yang dimilikinya. "Kita juga harus punya banyak link, dan tetap mendengarkan masukan dari banyak pihak yang pernah membuat event. Dengan sharing pengalaman akan banyak ide-ide, dan wawasan kita jadi lebih luas," tandasnya.

Sebagai F&B Manager Java Palace Hotel Cikarang, Jaka sadar dirinya harus memiliki kebijaksanaan dan kecapakan memimpin bawahannya, termasuk membangun semangat mencintai pekerjaan yang dipercayakan. Dan, ia pun ingin memanfaatkan pengetahuan yang diraihnya dari AKPAR NHI Bandung untuk membuka usaha sendiri di masa depan. “Saya ingin membuka usaha kuliner, semoga bisa terwujud,” pungkasnya