Bekasi > Profil

Ayu Hermanu, Otodidak Mengembangkan Bisnis Tas

Minggu, 16 Juli 2017 15:06 WIB
Editor : | Reporter : Indah Mulyanti

Ayu Hermanu
Ayu Hermanu
Foto : Ibnu Wibowo

Share this








Berangkat dari kegemarannya mengoleksi tas, perempuan satu ini pun memutuskan untuk membuat usaha tas anak-anak.

Info Profil - Berangkat dari kegemarannya mengoleksi tas, perempuan satu ini pun memutuskan untuk membuat usaha tas anak-anak. Jadilah di tahun 2015 ia membuka usaha Cessbi Bag bersama sang sahabat yang bernama Wulan.

 “Awalnya kita ngobrol-ngobrol sama temen. Saya bilang kalau sudah resign dari kantor. Dia bilang, kenapa kita gak buka usaha? Saat itu, belum terpikir usaha apa, malah namanya dulu yang ada. Tercetus nama Cessbi, tapi belum tau mau usaha seperti apa,”kenangnya.

Sebelum berwirausaha, perempuan yang akrab disapa Ayu ini pernah berkarir di dunia event organizer selama 10 tahun. Ia pun mengaku belum pernah terjun ke dunia bisnis dan mempelajarinya secara otodidak. “Tapi, saya mengambil ilmu dari tempat kerja sebelumnya. Saya juga banyak ikut kegiatan komunitas dan banyak belajar dari orang-orang, baol secara moril, pengalaman sampai teknisnya,” tutur Ayu.

Diakuinya, terjun ke dunia bisnis memang sarat tantangan yang harus dilewati, terutama bagaimana cara membuat tas bagus dengan harga terjangkau, sekaligus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Butuh kemauan yang kuat dan fokus menjalani setiap proses. Kalau ada ide, langsung jalani, jangan tunggu modal. Awalnya saya hanya membuat dua lusin dan akhirnya bisa berkembang sampai ke retail besar, seperti Carrefour, Centro dan Aeon. Intinya jangan takut, kita jalani saja dengan niat dan fokus,” tandasnya.

Ditambahkan olehnya, kunci sukses yang dipegangnya adalah, selalu mereview apa yang sudah dijalani untuk hasil yang lebih baik.