Selasa, 27 Februari 2018 10:14:00
Editor : Porwanto | Reporter : Leny Kurniawati
TK Tunas Jakasampurna Bangun Struktur Berpikir Siswa
Tiap kelompok mempresentasikan project yang dipilih, Sabtu (24/2/2018)
Foto : Leny Kurniawati
 

Bekasi –  Banyak acara unik digelar oleh sekolah yang menggelar open house. Salah satunya oleh TK Tunas Jakasampurna. Sekolah ini mengadakan lomba fashion show dan baby dance. Para orangtua murid antusias menontonnya hingga rangkaian acara usai.

"Ada salah satu acara unik yang disajikan oleh anak-anak yaitu presentasi membangun struktur berpikir anak," ungkap Kepala Sekolah TK Tunas Jakasampurna Fr. Yuliastuti, Sabtu (24/2/2018) kemarin.

Melalui presentasi yang ditampilkan anak, orangtua mengetahui pembelajaran yang diberikan TK Tunas Jakasampurna. Pembelajaran tidak hanya sekadar menyuapi materi. Lebih dari itu, menggali berpikir dan membangun struktur berpikir anak sejak dini.

"Kegiatan ini dilakukan secara kelompok, dan tiap kelompok harus memilih tema project. Mulai dari perencanaan, persiapan, sampai penampilan. Guru hanya sebagai fasilitator, mediator," kata wanita yang akrab disapa Yuli ini kepada infonitas.com.

Di akhir kegiatan bertema project, sang anak diminta berani dan mampu mempresentasikan proses project tersebut bak seorang presenter. Ya, rasa percaya diri, kemandirian, kemampuan komunikasi dan sosialisai serta kerja tim para murid menjadi berkembang.

"Kami ingin menumbuhkan kemampuan problem solver anak. Kemudian, mengembangkan bakat dan minat anak," tutur Yuli.

Yuli berharap, ke depannya, selaku pendidik bisa mengajak para orang tua bersinergi dengan baik dalam memberikan bimbingan, pendidikan untuk putra-putri tercinta. Terlebih, saat ini usia dini adalah masa menanam pondasi pendidikan yang benar dan kokoh agar perkembangan selanjutnya berjalan dengan baik.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda