Kamis, 03 Mei 2018 09:23:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : Leny Kurniawati
Pesan PJ Wali Kota Bekasi pada Momen Hardiknas
Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy.
Foto : Leny Kurniawati
 

BEKASI – ‘Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan’. Inilah tema Pemerintah Kota Bekasi dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2018.

Menurut Penjabat Wali Kota Bekasi Ruddy tema tersebut merupakan momentum keterkaitan antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam teori pendidikan yang diucapkan Ki Hajar Dewantara.

“Mendikbud memiliki harapan besar. Masa depan Indonesia bertumpu kepada anak-anak bangsa, generasi muda,” katanya. Sehingga, sudah menjadi kewajiban seluruh pihak mencetak para penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan zaman.

Itu mencakup tiga komponen, peningkatan kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi. "Mereka saat ini butuh kompetensi kemampuan kreativitas, berpikir kritis dan memecahkan masalah, komunikasi serta kolaborasi yang baik," paparnya. 

Tak hanya itu, tantangan lain di dunia pendidikan juga terkait pemerataan. Masih banyak para generasi muda yang belum memperoleh pendidikan yang layak.

"Kita memilih tema 'Menyalakan pelita, terangkan cita-cita' sebagai tema keceriaan Hardiknas sehingga mereka mampu mendapatkan peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya," pinta Ruddy. 

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada para pendidik, dan pejuang pendidikan. Ayo sama-sama kita tetapkan bahwa ikhtiar memajukan pendidikan akan kita lanjutkan dan kembangkan. Semoga Allah SWT, melapangkan dan meninggikan, selalu meridhoi ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta," harap Ruddy.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda