Bekasi > Pendidikan

Miris, Sekolah di Bekasi Ini Hanya Miliki Tiga Ruang Kelas

Kamis, 11 Januari 2018 15:36 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Yusuf Bachtiar

Kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri Sinarjaya 02 Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi yang harus disekat lantaran keterbatasan ruang kelas untuk belajar.
Kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri Sinarjaya 02 Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi yang harus disekat lantaran keterbatasan ruang kelas untuk belajar.
Foto : Yusuf Bachtiar

Share this








Sekolah Dasar (SD) Negeri Sinarjaya 02 Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi hanya memiliki 3 ruang kelas untuk menunjang proses belajar mengajar.

BEKASI - Kondisi Sekolah Dasar (SD) Negeri Sinarjaya 02 Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi begitu memprihatikan. Pasalnya, sekolah tersebut hanya memiliki 3 ruang kelas untuk menunjang proses belajar mengajar.

Alhasil, pihak sekolah harus membagi satu ruang kelas menjadi dua bagian dengan menggunakan gordin sebagai sekat.

Salah satu Guru SD Negeri 02 Sinarjaya, Sri Murniasih mengatakan, kondisi tersebut sudah berlangsung cukup lama.  Awalnya, sekolah memiliki 7 ruang kelas termasuk ruang guru sebelum ahli waris mengambil alih hak atas lahan diatas tiga ruang kelas sebelumnya.

“Sejak tiga ruang kelas diambil oleh ahli waris pada 2009 silam, ruangan terpaksa dipisah sampai sekarang. Pengajuan agar dirombak terus dilakukan tapi tetapi belum mendapat respon,” bebernya kepada Infonitas.com, Kamis (11/1/2018).

Lanjut Sri, saat ini sekolah berdiri diatas lahan seluas 400 meter persegi dengan bangunan berbentuk leter L. Pada 2001 lalu, sekolah ini sempat dipugar. Saat itu, ruang kelas terbilang mencukupi untuk menampung 6 jenjang kelas yang ada.

“Jadi awalnya tiga ruangan itu yang berada sedikit ke belakang, dulunya tanah wakaf buat sekolah. Kemudian ada yang gugat dari ahli waris tanah. Sejak itu ruangan yang tersisa cuma yang ada sekarang,” kata guru yang mengajar kelas VI ini.

Saat ini, pihak guru maupun sekolah berharap ada kepedulian dari pemerintah daerah terkait kondisi yang dialami SD Negeri 02 Sinarjaya.

Pasalnya, imbas dari disekatnya ruang kelas menjadi dua bagian berbuntut pada penurunan kualitas proses belajar siswa.