Bekasi > Pendidikan

KPAID Kota Bekasi: Kehadiran Orangtua adalah Penguatan Anak

Rabu, 16 Mei 2018 15:30 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Leny Kurniawati

Ilustrasi
Ilustrasi.
Foto : istimewa

Share this








KPAID Kota Bekasi meminta menilai kehadiran orangtua bisa menjadi penguat bagi anak. Untuk itu, orangtua diharapkan bisa meluangkan waktu bersama anak.

BEKASI – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bekasi, Sofar Makmur mengatakan cara mendidik anak yang baik adalah mengupayakan kehadiran orang tua di tengah anak-anak.

Untuk itu, orangtua harus bisa mengambil waktu untuk anak-anak seperti saat hari libur atau meluangkan waktu untuk sang anak.

"Kehadiran orangtua adalah penguatan bagi anak, bahwa orangtua mereka selalu ada untuk mereka. Jadi anak merasa tidak sendiri," kata dia kepada Infonitas.com, Rabu (16/5/2018).

Melalui kehadiran orangtua, nantinya akan tercipta sebuah interaksi antara keduanya. Pada posisi itu, orangtua diharapkan bisa menjalin komunikasi yang baik kepada anak-anaknya.

Selain itu, orangtua juga harus bisa memberikan bimbingan kepada anak tentang ketidaktauhan mereka terutama dalam hal cara bersama dengan teman dan orang yang lebih tua.

"Jangan biarkan anak dilepas begitu saja. Apalagi di tengah teknologi yang berkembang pesat. Sehingga memungkinkan banyak hal baru yang akan anak-anak terima dimana tidak selamanya positif," tutur Sofar.

Hal lain yang harus diperhatikan orangtua adalah anak harus mengenyam pendidikan, berkomunikasi dengan guru untuk mengetahui perkembangan anak di sekolah, memastikan anak bermain dengan sebayanya, dan pendidikan agamanya

Secara umum, kata Sofar, orangtua harus mengerti bahwa anak-anak mereka adalah anugrah dan hadiah dari Tuhan. Anak adalah aset dan kepanjangan tangan Tuhan agar seorang pasangan suami istri bisa memiliki keturanan.

"Anak ini titipan Tuhan. Maka jaga, didik dan rawat mereka dengan baik. Berikan kasih sayang kepada mereka jangan biarkan ada kekerasan terhadapnya apalagi kit sebagai orangtua berlaku kasar kepada mereka," imbau Sofar.

Para orangtua juga harus tahu betul tentang posisi anak di tengah keluarga. Keluarga, kata dia, adalah ayah, ibu dan anak. Artinya, anak adalah bagian dari kedua orangtua yang sangat penting dalam kehidupan suatu keluarga. Posisi anak adalah penentu di dalam sebuah  keluarga dan ia juga penerus keluarga.

"Manfaatkan hidup satu keluarga yaitu ayah, ibu dan anak sebagai satu kesatuan utuh yang tidak akan putus dan saling menggenapi. Anak adalah mitra ayah dan ibu," pungkas Sofar.