Bekasi > Pendidikan

Kinderfield School, Mengasah Thinking Skill dan Character Building

Rabu, 19 April 2017 14:10 WIB
Editor : Admin | Reporter : Indah Mulyanti

Kinderfield School
Kinderfield School
Foto : Ibnu Wibowo

Share this








Kinderfield School menerapkan metode Inquiry Based Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning. Metode ini mengasah thinking skill dan char

Info Pendidikan - Pendidikan usia dini menjadi salah satu bekal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Semakin berkualitas pendidikan, semakin lebar pula jalan meraih kesuksesan. Sebaliknya, jika pendidikan pas-pasan, maka kemungkinan besar jalan terjal menghadang menuju puncak kesuksesan. Demi menyiapkan masa depan, lembaga pendidikan Kinderfield School hadir di Kota Bekasi. 

Kinderfield berdiri di Jalan Alamanda Blok H7 No. 5 Rawalumbu Kota Bekasi. Hadir sejak tahun 2000, lembaga pendidikan ini membuka kelas pre-school, SD, dan SMP. Lembaga pendidikan ini mengusung tiga metode belajar: Inquiry Based Learning (IBL), Problem Based Learning, dan Project Based Learning. Metode belajar itu menjadi keunggulan Kinderfield. 

Herawati, Kepala Sekolah Kinderfield, menjelaskan metode IBL diterapkan di kelas pre-school. Metode ini mengarahkan siswa untuk menanyakan sesuatu seperti tentang alam. Setelah menemukan jawabannya, siswa diminta menceritakan di depan teman-temannya. “Metode IBL sesuai karakter anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu sangat tinggi,” tuturnya.   

Sedangkan metode Problem Based Learning digunakan di kelas SD. Metode ini lebih kepada riset dan siswa diarahkan untuk memiliki thinking skill atau kemampuan berpikir yang sudah terstruktur. Untuk metode Project Based Learning diajarkan pada siswa SMP. Herawati mengatakan metode ini mengarahkan siswa untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut.   

Herawati menjelaskan, ketiga metode tersebut memberikan pelajaran secara teori dan langsung diaplikasikan. Dengan demikian thinking skill dan character building siswa terasah. Selain itu, siswa juga diikutkan kompetisi agar memiliki daya saing. “Kinderfield memang lebih fokus pada thinking skill dan character building. Bisa jadi itu yang membedakan kami dengan sekolah lain,” tutunya. 

Kinderfield menyadari keberhasilan belajar tak hanya ditentukan oleh metodenya. Tapi juga sarana belajar. Karena itu, Kinderfield akan menempati gedung baru di Jalan Caringin Raya No. 88 Bojong Menteng, Bekasi. Gedung baru ini dilengkapi tempat bermain, dramatical room, discovery room, laboratorium, kolam renang dan perpustakaan. Di gedung baru ini akan dibuka kelas untuk SMA.