Bekasi > Laporan Utama

Urai Kemacetan, Bus Damri Kemang Pratama-Bandara Diluncurkan

Minggu, 11 Februari 2018 13:15 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Indah Mulyanti

Wali Kota Bekasi bersama Kepala BPJT dan Forum RW Kemang Pratama Bekasi dalam peresmian Bus Bandara
Wali Kota Bekasi bersama Kepala BPJT dan Forum RW Kemang Pratama Bekasi dalam peresmian Bus Bandara
Foto : Indah Mulyanti

Share this








Keinginan Pemerintah Kota Bekasi untuk urai kemacetan mulai dilakukan, yakni adanya bus Damri rute Kemang Pratama-Bandara diluncurkan pada hari ini.

BEKASI – Warga Bekasi yang hendak ke Bandara Soekarno Hatta maupun Halim Perdana Kusuma tidak perlu kebingungan akses transportasi. Sebab, Bus Damri rute Kemang Pratama menuju Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma telah beroperasi mulai sekarang.

Peresmian transportasi bandara tersebut dihadiri Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kepala BPTJ Bambang Prihartoni, dan Forum RW Kemang Pratama Bekasi.

Rahmat Effendi mengatakan kehadiran operasional Bus DAMRI Kemang Pratama Bekasi menuju Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma sebagai alternatif berkendara untuk mengurai kemacetan.

"Semoga kerja sama ini memberikan banyak manfaat, warga Kota Bekasi bisa lebih nyaman saat bepergian ke bandara dan ini bisa menjadi salah satu solusi kemacetan," katanya, Minggu (11/2/2018).

Ditempat yang sama, Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan JAC Kemang Pratama Bandara Soetta/Halim memberikan altenatlf transportasi bagi warga setempat dan sekitarnya untuk menuju bandara dan sebaliknya.  Sebagai awal operasional JAC Kemang-Bandara Soeta/Halim disediakan dua jenis armada bus yang terdiri dari dua  unit bus Royal, tiga unit bus executive dan empat unit bus micro.

"Tarif per penumpang Kemang Pratama - Halim adalah Rp 30 ribu menggunakan bus mikro, sedangkan Kemang Pratama-Soetta Rp 45 ribu menggunakan bus executive dan Rp 60 ribu menggunakan bus royal," katanya.

Jadwal pemberangkatan dari Halte Kemang Pratama dimulai dari pukul 04.00 WIB-20.00 WIB, Sedangkan jadwal dari Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno Hatta dimulai pukul 07.00 WIB-22.00 WIB.

Lebih lanjut, ia menuturkan, untuk mencegah kemacetan di jalan Pemerintah saat ini melakukan sistem jemput bola. "Selama ini selalu berfikir ada demand baru ada bus. Tapi sekarang tidak, bus kita supplay dengan harapan demand bertambah," terangnya.

Ia berharap dengan hadirnya Bus Damri rute ini mampu mengurangi pengguna kendaraan pribadi menuju ke bandara. "Kita akan memperbanyak Bus ke bandara sehingga pengguna mobil pribadi berkurang," pungkasnya.