Bekasi > Laporan Utama

Tips Mencari Rumah di Bekasi

Kamis, 16 Maret 2017 16:56 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : DBS

Ilustrasi properti di Bekasi
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this





Jangan asal mencari rumah. Anda harus cermat dalam beberapa hal terkait pembelian rumah.

BEKASI – Produk-produk hunian tumbuh subur di kota-kota penyangga Ibu Kota, termasuk Bekasi. Harganya pun cukup variatif dan tentunya jauh lebih murah dibanding harga tanah di Ibu Kota pada umumnya.

Anda tinggal memilih mau type seperti apa. Namun, tetap jangan asal. Ada beberapa hal yang bisa jadi acuan membeli rumah di Bekasi:

Cermat Memilih Lokasi

Lokasi rumah harus menjadi acuan utama. Itu sebabnya, Anda harus cermat. Carilah referensi-referensi dari sahabat, kolega, atau situs-situs yang menawarkan jasa jual-beli rumah. Hal pertama yang harus diperhatikan, rumah harus dekat dengan fasilitas-fasilitas umum, seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Bisakah dijangkau dengan kendaraan umum atau harus memiliki kendaraan pribadi?

Perhatikan Konstruksi Bangunan

Hal selanjutnya, Anda harus memperhatikan dengan teliti konstruksi bangunan rumah. Rumah murah lazimnya memiliki konstruksi bangunan yang buruk. Namun, jangan terkecoh. Banyak juga produk mahal yang tidak menghadirkan konstruksi bangunan yang bagus.

Bila itu yang terjadi, dalam jangka waktu sebentar, Anda pasti akan mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan renovasi.

Garansi Kerusakan Rumah

Tanyakan secara detail kepada developer mengenai garansi kerusakan rumah. Biasanya, garansi akan diberikan selama 3 bulan dari serah terima rumah. Gunakan waktu tersebut untuk bisa meminta perbaikan rumah jika terjadi bocor, retak di dinding, keramik, dan kerusakan-kerusakan lainnya. Dalam hal ini, Anda harus membuat kesepakatan yang jelas dengan pihak developer.

Pilih Developer yang Berpengalaman

Anda yang ingin membeli rumah di Bekasi harus berhati-hati dalam memilih developer. Banyak oknum developer nakal yang selalu menjanjikan berbagai macam keuntungan yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Ada baiknya, Anda meminta referensi terlebih dahulu dari rekan-rekan Anda yang sudah pernah membeli properti dari developer tertentu sebelumnya.  

Baca Juga : Harga Properti di Bodetabek Melambung