Bekasi > Laporan Utama

Taruna Merah Putih Gelar Kirab Kebangsaan di Kota Bekasi

Minggu, 10 September 2017 14:27 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Indah Mulyanti

Kirab Kebangsaan Taruna Merah Putih di di Alun-alun Jalan Veteran, Kota Bekasi, Minggu (10/9/2017).
Kirab Kebangsaan Taruna Merah Putih di di Alun-alun Jalan Veteran, Kota Bekasi, Minggu (10/9/2017).
Foto : Indah Mulyanti

Share this








Kirab Kebangsaan kali ini mengusu tema besar memPancasilakan Indonesia dan Pemuda Patriot Pelopor Kebangsaan.

BEKASI – Taruna Merah Putih menggelar Kirab Kebangsaan yang diikuti sebanyak 15.000 masyarakat Kota Bekasi, kirab ini dilaksanakan di Alun-alun Jalan Veteran, Kota Bekasi, Minggu (10/9/2017).

Ketua Taruna Merah Putih Enie Widhiastuti mengatakan, Kirab Kebangsaan kali ini mengusu tema besar memPancasilakan Indonesia dan Pemuda Patriot Pelopor Kebangsaan.

"Sedikitnya ada 78 komunitas dengan 15.000 peserta yang ikut serta. Kami ajak seluruh anak muda di Kota Bekasi untuk melihat bahwa kota ini mampu mengadakan kirab yang mana temanya adalah mempancasilakan pancasila. Seperti yang kita lihat, belakangan ini pancasila hampir terdegradasi terutama di kalangan anak muda," katanya.

Kegiatan yang terbagi tiga tahapan, diawali dengan parade kebhinekaan yang menghadirkan 34 pakaian adat daerah, kemudian dilanjutkan dengan performance dari komunitas-komunitas Bekasi yang ikut serta, kolosal lagu kebangsaan, dan penampilan polisi cilik. Pada sesi terakhir acara juga akan diisi dengan senam gerak maumere yang dipimpin oleh Edo Kondologit.

Acara ini juga di hadiri oleh Maruarar Sirait (Ketua Umum DPP TMP), Sukur Nababan (Ketua DPP PDIP), Risa Mariska (Anggota DPR-RI), Maria Hasto Kristyanto, Restu Hapsari (Sekjen DPP TMP), Denny JA (Wakil Bendahara DPP TMP), Dadang Danubrata (Ketua DPP TMP), Nico Siahaan (Ketua DPD TMP Jabar), Waras Wasisto (Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar), Nyumarno (Ketua DPC TMP Kabupaten Bekasi).

Tokoh PDIP Mochtar Mohamad juga terlihat dalam kegiatan yang semakin semarak dengan sajian koreografi kolosal dari siswa-siswi SMP swasta se-Kota Bekasi. Walikota Bekasi Rahmat Effendi yang didampingi beberapa jajaran SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Bekasi juga turut menghadiri acara ini.

Wali Kota Bekasi dalam sambutannya mengatakan, meski berbeda agama, suku, sekalipun warna partai, kita sebagai warga NKRI harus membantu untuk sebuah pancasila yang menjadi lambang Negara ini, bersatu sesuai amalan pancasila, dan harus kerja kerja kerja untuk membangun dan memjukan Kota Bekasi, karena sebagai pemimpin daerah harus berdiri di semua golongan.

"Bangun kedamaian, Rajut Kebersamaan, dan perkuat keatuan dan persatuan di Kota Bekasi, ini sebagai satu motivasi dalam kerja," tutupnya.