Bekasi > Laporan Utama

Selamatkan Lingkungan, Desa Ini Olah Sampah Jadi Bahan Bakar

Minggu, 11 Februari 2018 18:15 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Indah Mulyanti

Pengolahan sampah jadi bahan bakar alternatif
Pengolahan sampah jadi bahan bakar alternatif
Foto : Indah Mulyanti

Share this








Bertujuan untuk selamatkan lingkungan, Pemerintah Desa (Pemdes) ini, Lambangsari di Tambun Selatan, Bekasi olah sampah jadi bahan bakar.

BEKASI - Limbah plastik yang berceceran berpotensi menganggu lingkungan. Terutama, permasalahan sampah yang berada di permukiman padat penduduk.

Seperti Pemerintah Desa (Pemdes) Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan menjadikan persoalan sampah sebagai perhatian khusus. Kepala Desa Lambangsari, R Yaceu Herliyanti mengaku, saat ini pihaknya tengah melakukan inovasi dengan menciptakan mesin konversi.

Fungsi mesin tersebut, untuk mengelola limbah plastik menjadi bahan bakar alternative (bba). Sehingga, hasilnya dapat memiliki manfaat nilai ekonomis bagi masyarakat.

"Desa Lambangsari ini merupakan kawasan padat penduduk dengan jumlah sekitar tujuh ribu kepala keluarga," kata Yaceu kepada awak media, Minggu (11/2/2018).

Dalam sehari, kata Yaceu, satu rumah dapat menghasilkan sampah sekitar 15 kilogram. Meski demikian, hasilnya tidak sebanding dengan tempat pembuangan sampah.

"Selain dapat mengurangi sampah plastik dan mampu melestariikan lingkungan hidup juga dapat meingkatkan ekonomi masyarakat. Karena target saya itu di tahun 2018 dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Program pembedayaan akan kita giatkan," ujarnya.

Mesin konversi ini akan diserahkan ke masing-masing dusun di Lambangsari. Dan warga desa dapat memanfaatkan mesin ini sesuai dengan keperluan. Pemberdayaan ini juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang kreatif.

"Sebelum menyerahkan mesin ini ke masing-masing dusun perwakilan warga di setiap RT dikumpulkan di desa dan diberikan pelatihan untuk pemanfaatan mesin itu," pungkasnya.