Bekasi > Laporan Utama

Satpol PP Kabupaten Bekasi Tunggu Partisipasi Aktif Instansi Lain

Rabu, 13 September 2017 15:56 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Yusuf Bachtiar

Kasatpol PP Kabupaten Bekasi
Kasatpol PP Kabupaten Bekasi Sahat MBJ Nahor.
Foto : Yusuf Bachtiar

Share this








Satpol PP Kabupaten Bekasi berharap, paska penertiban yang dilakukan, instansi lain bisa melakukan tindakan nyata, agar tidak berdiri lagi bangunan liar.

BEKASI – Satpol PP Kabupaten Bekasi menertibkan ratusan bangunan liar di sepanjang Jl. Kalimalang, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Kasatpol PP Kabupaten Bekasi Sahat MBJ Nahor mengatakan, penertiban ini untuk mengembalikan fungsi lahan untuk proyek pelebaran jalan yang belum selesai.

Sahat menuturkan, sebagian besar bangunan liar yang ada di Jl. Kalimalang berdiri di bahu jalan yang belum berfungsi, sebab masih dalam proses pengerjaan pelebaran jalan, dimana saat ini ada yang sedang dikerjakan dan ada pula yang masih dalam proses pembebasan lahan.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada instansi terkait seperti Dinas PUPR, Dinas Kebersihan dan Dinas Pertamanan untuk segera mengambil tindakan terpadu, agar lahan yang sudah ditertibkan tidak lagi disalahgunakan atau bahkan dibangun kembali oleh oknum tidak bertanggung jawab di atas lahan milik pemerintah,” paparnya di lokasi penertiban, Rabu (13/9).

Lanjutnya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan instansi terkait. “Agar setelah penertiban, tindaklanjuti dengan pembersihan puing dan penanaman lahan kosong setelah pembongkaran. Tanami tanaman hias atau semacamnya, selain untuk keindahan, dapat menjaga lahan dari oknum yang coba memanfaatkan lagi,” paparnya.

Ia menambahkan, penertiban bangunan liar di wilayah Kelurahan Jatimulya dan Desa Setia Darma, Kecamatan Tambun Selatan oleh Satpol PP Kabupaten Bekasi ini berlangsung kondusi, lancar dan tanpa perlawanan dari pemilik bangunan. “Kita sudah lalui tahapan-tahapannya, mulai dari imbauan hingga teguran berupa surat edaran 1 sampai 3 yang kita layangkan,” pungkasnya.