Bekasi > Laporan Utama

Pilkada Serentak Di Bekasi Dan Tangerang

Puluhan Napi Polres Metro Bekasi Ikut Nyoblos Pilkada Serentak

Rabu, 27 Juni 2018 15:08 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Pojokbekasi.com

Salah satu napi di Polres Metro Bekasi yang ikut menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Serentak 2018
Salah satu napi di Polres Metro Bekasi yang ikut menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Serentak 2018. foto : Pojokbekasi.com
Foto : istimewa

Share this








KPU Kota Bekasi menyediakan TPS khusus bagi para napi di Polres Metro Bekasi.

BEKASI – Penggunaan hak suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tidak hanya milik masyarakat umum tetapi juga berlaku bagi warga binaan yang tengah mendekam di hotel prodeo.

Seperti yang terjadi di Bekasi, Jawa Barat dimana puluhan napi ikut mencoblos dalam pilkada serentak 2018. Mereka melakukan pencoblosan di sel tahanan yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi.

“Ada 40 tahanan yang mempunyai hak pilih dari 79 tahanan,” kata Kasat Tahti Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Tugimin, Rabu (27/6/2018). Mereka, mencoblos di TPS 6, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan.

Menurutnya, para napi yang mempunyai hak pilih berdomisili di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Sisanya, berdomisili di DKI Jakarta dan daerah lain yang tidak ikut dalam penyelenggaraan Pilkada 2018.

“Khusus yang Kota Bekasi mendapatkan 2 surat suara untuk Pemilihan Wali Kota dan Gubernur Jawa Barat, yang domisili Kabupaten Bekasi hanya untuk Pilgub saja,” tandasnya.

Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi diikuti dua pasang calon, diantaranya pasangan calon nomor urut 1 Rahmat Effendi- Tri Adhianto, lalu pasangan nomor urut 2 Nur Supriyanto- Adhy Firdaus Saady.

Sedangkan untuk Pilkada Gubernur Jawa Barat diikuti empat pasang calon, pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzanul Ulum, pasangan nomor urut 2 TB Hasanudin-Anton Charliyan, pasangan nomor urut 3 Sudrajat- Ahmad Syaikhu, lalu pasangan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.