Bekasi > Laporan Utama

PT KAI, Perlakukan Khusus Modernisasi Stasiun Tambun

Minggu, 15 Oktober 2017 16:51 WIB
Editor : Utami Sulistiowaty | Reporter : Yusuf Bachtiar

Stasiun Tambun
Gedung lama Stasiun Tambun yang masuk Kategori Heritage
Foto : Yusuf Bachtiar

Share this








Modernisasi dilakukan pada Stasiun Tambun tanpa menghilangkan nilai sejarah yang terkandung pada stasiun tersebut.

BEKASI - Sejarawan Bekasi Ali Anwar menilai, perlakuan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terhadap Stasiun Tambun dianggap tepat. Karena stasiun yang masuk kategori heritage atau cagar budaya perlu perlakuan khusus.

Ali menjelaskan, Staisun Tambun sama kedudukannya dengan stasiun heritage lainnya. Seperti Staisun Manggarai, Stasiun Jatinegara, Stasiun Palmerah, Stasiun Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

"Kalau yang di Bekasinya ada seperti Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang dan Stasiun Lemah Abang, Jadi itu masuk kategori stasiun heritage dan harus dilindungi," ungkapnya.

Masuk Kategori heritage atau cagar budaya sendiri lantaran stasiun-stasiun tersebut dibangun pada masa awal pembangunan kereta api di masa pendudukan Hindia Belanda, termasuk di dalamnya Stasiun Tambun. Bentuk arsitektur atau ornamen yang menyelimuti stasiun itu memiliki kemiripan.

"Stasiun-stasiun mulai dari Manggarai kemudian Jatinegara, Cakung, Kranji, Bekasi, Tambun, Cikarang, Lemah Abang, dan Kedung Gede, dibangun sejak 1883," jelasnya.

Namun dia menyayangkan ada sebagian dari stasiun yang masuk kategori heritage itu dibangun tanpa mengindahkan nilai-nilai sejarah yang terkandung dalam stasiun itu, seperti halnya Stasiun Bekasi, dan Stasiun Cikarang, seolah nilai histori dalam stasiun tersebut memudar.

"Namun pada 80an ada renovasi besar di stasiun-stasiun tersebut, sehingga memudarkan makna historis dari stasiun heritage. Saya berharap di Stasiun Tambun PT KAI bisa melakukan modernisasi tanpa menghilangkan makna historisnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Joice Hutajulu mengatakan, Stasiun Tambun merupakan stasiun yang masuk dalam kategori stasiun cagar budaya. Itu Sebabnya proses modernisasi di stasiun tersebut belum dilakukan secara total.

"Stasiun tersebut sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, ada perlakuan khusus untuk proses modernisasi," urainya kepada Infonitas.com, Kamis (12/10/2017).

Dia menambahkan, proses modernisasi Stasiun Tambun pasti akan dilakukan, namun harus ada pendalaman terkait cagar budaya yang melebeli stasiun tersebut, agar nantinya modernisasi stasiun tidak menghilangkan nilai-nilai historis yang tersimpan dalam stasiun itu.

"Nanti akan dimoderinisasi, karna stasiun tersebut termasuk dalam cagar budaya jadi harus didalami dulu terkait cagar budayanya," tutup Ali.