Rabu, 06 Desember 2017 14:58:00
Editor : Fauzi | Reporter : Indah Mulyanti
PT Adhi Karya Nantikan Lahan Depo LRT Cawang Bekasi Timur
Proyek LRT Cawang - Bekasi Timur.
Foto : istimewa
 

BEKASI – Kendati proyek jalur LRT Cawang Bekasi Timur terus dikerjakan oleh PT Adhi Karya (persero). Namun, lahan untuk pembangunan depo kereta LRT di Bekasi Timur hingga saat ini masih belum dibebaskan secara keseluruhan. Targetnya, pembangunan depo dilakukan setelah proses pembebasan lahan selesai pada Maret 2018 mendatang.

“Itu bagian dari 12 hektar kebutuhan lahan yang harus dibeli dari warga. Sebagian besar lahan milik pemerintah di pinggir jalan Tol, hanya 14 hektare milik swasta yang terkena proyek LRT," kata Pejabat Pembuat Komitmen Proyek LRT Jumardi di sela-sela diskusi ‘LRT dan Masa Depan Bekasi’ di Universitas Islam 45 Bekasi, Selasa (5/12).

Lebih jauh ia menerangkan, BPN memerlukan waktu 5-6 bulan untuk memproses pembebasan lahan seluas 11 hektar milik warga. Karena itu, ditargetkan baru selesai pada Maret 2018. Sementara untuk sisa 3 hektar lainnya, ditargetkan selesai pada Januari 2018, lantaran sudah ada kesepakatan antara pemilik lahan dengan PT Adhi Karya (persero) dan lahannya sudah digunakan.

Ia menambahkan, pembebasan lahan tersebut menggunakan dana APBN sebesar Rp 1,6 triliun. Berdasarkan data yang dimiliki PT Adhi Karya (persero), progres pembangunan LRT Cawang Bekasi Timur sudah mencapai 26,360 persen dan ditargetkan dapat beroperasi pada akhir Mei 2019.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda