Bekasi > Laporan Utama

Perubahan Nama Jalan di Bekasi, Ini Penjelasan Google

Senin, 07 Agustus 2017 20:15 WIB
Editor : Waritsa Asri | Sumber : Dbs

Bisnis Google
Ilustrasi Google.
Foto :

Share this








Terkait perubahan nama Jalan Dewi Sartika menjadi Jalan Dewi Sartika, Google memberikan penjelasan dengan adanya bentuk kontribusi pengguna

BEKASI – Pihak Google memberikan penjelasan Jalan Dewi Sartika di Bekasi bisa berubah menjadi Jalan Dewi Persik di layanan peta digital, Google Maps.

Perwakilan dari Google Indonesia mengakui adanya kesalahan nama tempat yang muncul di Google Maps, yang seharusnya tidak terjadi.

Saat ini, Google pun telah menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang sempat bikin gaduh netizen serta membuat Pemerintah Kota Bekasi protes.

Dalam penjelasannya, Googl mengakui sangat mengandalkan pengguna untuk berkontribusi dalam berbagai informasi yang ada di Maps. Menurut mereka, cara ini membuat Maps bisa membuat infomrasi yang lengkap karena siapa pun bisa berkontribusi.

Namun di sisi lain, ada pengguna yang iseng melakukan perubahan nama Jalan Dewi Sartika menjadi Dewi Persik. Meski sebenarnya setiap perubahan pun harus melalui verifikasi pengguna lain untuk bisa disetujui. 

"Data basemap kami, seperti nama tempat, nama jalan, dan lainnya, adalah kombinasi dari penyedia pihak ketiga, sumber data publik, dan kontribusi pengguna. Secara keseluruhan ini memberikan kami data yang komprehensif dan up-to-date, namun kami menyadari adanya kemungkinan untuk munculnya inakurasi dari sumber-sumber ini," kata Google.

Menurut Google, mereka memperbaharui data secara reguler dengan waktu yang bervariasi. Sehingga, mereka pun mempunyai tool yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mempercepat proses.

Untuk itu, Google pun mendorong para pengguna layanannya untuk melaporkan sesuatu yang tidak akurat lewat tombol send feedback atau kirim masukan yang ada di pojok kiri bawah di aplikasi Google Maps, atau di pojok kanan bawah jika menggunakan Google Maps di desktop. Kemudian klik 'Report a data problem'.