Bekasi > Laporan Utama

Pemkot dan DPRD Setuju APBD DKI 2017 Senilai Rp 5,4 Triliun

Rabu, 21 Desember 2016 17:26 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Adi Wijaya

Wali Kota Bekasi Rahmat Efendi
Foto : istimewa

Share this





Sebanyak 2/3 anggota DPRD Kota Bekasi menyetujui penetapan APBD Kota Bekasi sebesar Rp 5,4 triliun.

BEKASI TIMUR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bersama DPRD Kota Bekasi menyepakati besaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017  senilai Rp 5,4 triliun. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Efendi di depan para awak media, Rabu (21/12/2016).

"Nilainya itu kurang lebih Rp 5,4 trilliun dan kita ambil dari Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) 2016 yang diprediksi sekitar Rp 800 milliar lebih. Karena juga untuk menutupi pembiayaan," ujarnya.

Dia melanjutkan, penetapan ini juga dilakukan karena telah adanya perintah dari Presiden RI, Bappenas dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk percepatan pembangunan. "Pekerjaan yang 2017 itu harusnya ditarik ke akhir tahun. Tetapi kita 2016 akhir ini baru memulai, sehingga 1 Januari 2017 itu kita lelang agar percepatan pembangunan itu bisa terwujud untuk Kota Bekasi," ungkapnya.

Meskipun sempat ada beberapa pandangan politik yang disampaikan oleh fraksi PDIP dalam sidang paripurna, Pepen menegaskan hal itu merupakan hak politik tiap partai.

"Itu pilihan politik FPDIP, kita hormati keputusan PDIP. Tapi faktanya 2/3 lebih dari seluruh anggota DPRD menyetujui tentang proses pengesahan APBD dan itu kita anggap bahwa anggota DPRD menyetujui. Tinggal kita verifikasi gubernur dan masuk lembar daerah," ujarnya.