Bekasi > Laporan Utama

Pemkot Bekasi Bantu Pembangunan Kantor Imigrasi Kota Bekasi

Selasa, 14 November 2017 14:49 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Leny Kurniawati

Pembanguan Kantor Imigrasi Kota Bekasi
Peresmian peletakan batu pertama pembangunan Kantor Imigrasi Kota Bekasi Kelas II.
Foto : Leny Kurniawati

Share this








Dana yang dikucurkan Pemkot Bekasi untuk pembangunan kantor Imigrasi yang baru dan rehabilitas Lapas mencapai Rp Rp 117,4 miliar.

BEKASI – Pemkot Bekasi menghibahkan dana sebesar Rp 33,5  miliar untuk pembangunan Kantor Imigrasi Kota Bekasi Kelas II. Kantor baru ini akan dibangun di Jalan Perjuangan, Teluk Pucung, Bekasi Utara di atas lahan milik Ditjen Imigrasi, Kemenkum HAM seluas 5.229 meter persegi. Pembangunannya dengan sistem multi years.

Kantor Imigrasi Kota Bekasi sendiri sebelumnya terletak di belakang Stadion Patriot Chandrabagha, Kota Bekasi. kondisinya sudah tidak nyaman dan tidak memadai lagi dengan tingginya animo masyarakat dan lalu lintas di kawasan tersbut.

Selain itu, Pemkot Bekasi juga memberikan hibah dana rehabilitasi Lapas Kelas II A Kota Bekasi yang terletak di Pondok Aren, Bekasi Timur sebesar Rp 83,9 miliar. Peletakan batu pertama dan seremoni pemberian hibah ini dilakukan di lokasi pembangunan, dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yassona Laolly, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Danim 0507/Kota Bekasi Letkol Inf. Wawan Kusnendar, Wakapolrestro AKBp Wijonarko, serta sejumlah pejabat dan stakeholder lainnya di Kota Bekasi.

“Kantor Imigrasi kita itu sejarahnya panjang, setiap hari antriannya sampai 300-350 orang. Kemudian, Lapas kita kapasitasnya 450 orang, tapi dihuni 1.700 orang. Coba saja dibayangkan itu bagaimana,” kata Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Selasa (14/11).

Adapun Menteri Hukum dan HAM Yassona Laolly menambahkan, pihaknya menyambut baik ide dan bantuan dari Pemkot Bekasi, terkait pembangunan Kantor Imigrasi Kota Bekasi yang lebih layak, serta rehabilitasi Lapas Kelas IIA Kota Bekasi agar lebih layak. “Kami berterima kasih atas perhatian dan dukungan Pemkot Bekasi. ini bentuk sinergitas dan kepedulian Pemkot Bekasi,” singkat Yassona.