Selasa, 14 November 2017 10:46:00
Editor : Fauzi | Sumber : DBS
Ilustrasi Hukum.
Ilustrasi Hukum.
Foto : istimewa
 

BEKASI – Pemkab Bekasi melakukan terobosan di bidang hukum dengan menyediakan pengacara gratis, bagi warga miskin yang memiliki masalah hukum di pengadilan. Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mengatakan, bantuan hukum gratis ini diatur dalam Perda Kabupaten Bekasi No.10 Tahun 2016 tentang Bantuan Hukum untuk Orang Miskin.

“Pemerintah wajib memberikan jaminan pelayanan hukum bagi warga kurang mampu. Ini bukti komitmenpemerintah daerah membantu warganya yang tersandung kasus hukum pidana maupun perdata,” ujarnya di Plaza Pemkab Bekasi, Senin (13/11).

Lebih jauh Neneng mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki pihaknya tahun lalu, ada seribu warga miskin yang tidak memeroleh bantuan hukum, lantaran terkendala masalah keuangan, meski ada pula yang meminta bantuan hukum ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH). Lantaran itu, Pemkab Bekasi dan DPRD Kabupaten Bekasi mengeluarkan Perda bantuan hukum tahun lalu, dimana hingga saat ini sudah sekira 70 warga tidak mampu yang memanfaatkan bantuan hukum gratis ini.

“Untuk anggarannya, Pemkab Bekasi menganggarkan dana bantuan hukum pengacara gratis Rp 600 juta pada APBD Kabupaten Bekasi 2017. Tidak ada penambahan pada APBD-Perubahan lalu, karena dananya masih tersisa sekira Rp 250 juta,” tandasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda