Bekasi > Laporan Utama

One Day Service BPN Diminati Warga Bekasi

Kamis, 08 Maret 2018 18:18 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Indah Mulyanti

Pelayanan 'one day service'  BPN Kota Bekasi yang diminati warga setempat.
Pelayanan 'one day service' BPN Kota Bekasi yang diminati warga setempat.
Foto : Indah Mulyanti

Share this








Masyarakat Bekasi menyambut positif pelayanan one day service BPN Kota Bekasi.

BEKASI - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bekasi kembali melaksanakan program layanan satu hari kelar atau 'one day service' untuk masyarakat yang membutuhkam pelayanan bidang pertanahan.

Kali ini, pelayanan dipusatkan di Basecamp Tim PTSL, Perumahan Mutiara Gading Timur, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Kamis  (8/3).

Konsep pelayanan jemput bola yang dilaksanakan rutin setiap Rabu ini merupakan komitmen Kantor BPN Kota Bekasi dalam rangka memberikan pelayanan prima untuk masyarakat.

Masyarakat tak perlu repot datang ke Kantor BPN Kota Bekasi untuk mengurus Peningkatan Hak dan Penghapusan Hak Tanggungan (Roya). 

Program one day service ini mendapat sambutan antusias masyarakat wilayah Kecamatan Mustikajaya dan sekitarnya. Bahkan ada juga masyarakat yang datang untuk menanyakan tentang program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) yang juga diluncurkan Kantor BPN Kota Bekasi tahun ini.

Kasubsi Pendaftaran Hak Tanah BPN Kota Bekasi Dani Ramdani menjelaskan, pihaknya mencoba konsep baru terkait tempat atau lokasi untuk pelaksanaan program one day service.

"Ini kegiatan kelima kalinya yang kami gelar. Bila sebelumnya dilaksanakan di kantor kelurahan, maka kali ini kami mencoba lokasi pelaksanaan di kawasan perumahan biar semakin dekat dengan masyarakat," katanya.

Dani bersyukur karena ternyata konsep baru ini berhasil, dan dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang datang untuk nikmati layanan yang disediakan BPN Kota Bekasi.

"Dari sore sampai malam, kami menjaring 34 pelayanan Roya dan 19 layanan Peningkatan Hak Tanah, jadi total ada 53 pelayanan. Hasil ini lebih banyak dari pelaksanaan kegiatan sebelumnya yang kami fokuskan di kantor-kantor kelurahan," ujarnya.

Terkait persyaratan, Dani menyebutkan untuk Layanan Peningkatan Hak, persyaratan yang harus dipenuhi adalah fotokopi KTP dan Kartu Keluarga, sertipikat tanah yang asli, fotokopi SPPT dan IMB, serta mengisi formulir. Sedangkan untuk Penghapusan Hak Tanggungan (Roya), persyaratannya meliputi fotokopi KTP/Kartu Keluarga, sertifikat tanah dan sertifikat hak tanggungan yang asli, surat Roya atau Keterangan Lunas dari Kreditur, serta mengisi formulir.

Sementara itu, Deki (40), salah seorang warga Perumahan Dukuh Zamrud, Kecamatan Mustikajaya, menyampaikan respon positifnya terhadap program jemput bola yang digiatkan BPN Kota Bekasi ini.

"Sangat membantu masyarakat, terutama yang sibuk saat jam kerja sehingga gak sempat ke Kantor BPN Kota Bekasi," katanya.

Selain itu Deki mengakui proses pelayanan yang diberikan pihak BPN Kota Bekasi sangat cepat dan tanggap.

"Hanya beberapa jam saya menunggu, berkas langsung jadi saat ini juga. Benar-benar bukti nyata, bukan sekedar lips service," pungkasnya.