Bekasi > Laporan Utama

Mal Pelayanan Publik di Bekasi Tambah Kepengurusan Administrasi

Jumat, 23 Februari 2018 21:11 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Indah Mulyanti

Mal Pelayanan Publik diresmikan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi di Bekasi Junction, Jalan Ir  H Juanda, Bekasi Timur.
Mal Pelayanan Publik diresmikan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi di Bekasi Junction, Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur.
Foto : Indah Mulyanti

Share this








Mal pelayanan publik di Bekasi akan menambah kepengurusan administrasi untuk memaksimalkan pelayanan publik

BEKASI – Sepekan sudah, Mal Pelayanan Publik diresmikan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bekasi di Bekasi Junction, Jalan Ir  H Juanda, Bekasi Timur.

Di tempat itu, hampir semua perizinan dilayani dan masih ada beberapa pelayanan lagi yang belum hadir. Pelayanan tersebut adalah BPN, PLN, Pengadilan Negeri dan lainnya. Tahun 2019 mendatang diharapkan instansi tersebut bisa bergabung.

Untuk saat ini, pelayanan mencakup semua dokumen kependudukan berupa KK, KTP elektronik, dan akta kelahiran bisa diurus di mal pelayanan publik.

Selain itu, bisa juga membayar pajak bumi dan bangunan (PBB), serta tagihan PDAM Tirta Patriot.

Adapun untuk layanan kepolisian melayani izin keramaian, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM), dan membayar pajak kendaraan bermotor.

"Mal pelayanan publik di Kota Bekasi merupakan yang pertama di Jawa Barat. Untuk nasional,  Kota Bekasi merupakan yang kelima, dan masih banyak yang harus kita perbaiki pelayanan mal publik ini," ungkap Kepala DPMPTSP Kota Bekasi, Amit Riyadi saat di mintai keterangan di Kantor IT Mal Pelayanan Publik, Jumat (23/2).

Cukup membingungkan saat pertama kali datang ke lokasi sebab dalam mal ini pemerintah bekerja sama dengan sembilan instansi vertikal dan horizontal.

Di sisi lain, informasi masih minim. Apalagi rencana ke depan seluruh kepengurusan administrasi bakal terpusat di dalam mal ini, termasuk pelayanan pembuatan paspor, BPN, Pengadilan Negeri (Administratif),  PLN dan lainnya.

“Ya, memang mal pelayanan publik masih kita perbaiki setiap harinya. Kotak kepuasan dan ketidakpuasan masyarakat pun kita kumpulkan setiap harinya. Ada yang puas dan ada yang tidak puas. Dari situ pihak kita selalu melakukan evalusi,” tandasnya.