Bekasi > Laporan Utama

Lapangan Multiguna Bekasi Timur Akan Dijadikan Pusat Budaya Bekasi

Jumat, 06 Oktober 2017 14:03 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Leny Kurniawati

Tim perumusan pengembangan seni budaya dan pariwisata Kota Bekasi.
Tim perumusan pengembangan seni budaya dan pariwisata Kota Bekasi.
Foto : Leny Kurniawati

Share this








Bandung ada Braga sebagai pusat budaya, kedepan di Bekasi ada Lapangan Multiguna sebagai pusat budaya.

BEKASI - Tim perumusan pengembangan seni budaya dan pariwisata Kota Bekasi berkeinginan membentuk kantong budaya yang berpusat di lapangan multiguna bekasi timur Kota Bekasi.

"Kalau kita liat saat ini beberapa wilayah memiliki pusat budaya seperti di Bandung ada Braga, di Bekasi juga harus di buat. Kita tim 10 akan mencoba mendesain lapangan multiguna bekasi timur sebagai pusat budaya," ungkap Sekertaris Tim Perumusan Pengembangan Seni Budaya yang biasa di sebut tim 10 Yaksa Sarkeh Candera usai di Kukuhkan di ruang Sekda Kota Bekasi, Jumat (6/10).

Menurut Sarkeh, setelah dikukuhkan oleh pemerintah Kota Bekasi melalui Sk Walikota Tim 10 bertekad, menjadikan kota Bekasi lebih mengembangkan budaya. Hal ini dapat diwujudkan karena salah satu tugasnya tim 10 adalah membuat roadmap pembangunan seni budaya di bekasi selama lima tahun kedepan.

"Saat ini tim akan merumuskan langkah pembangunan seni budaya kedepan. Tim 10 ini sudah di bentuk dengan ketua Pak Andi Sopandi budayawan Bekasi, Pak Ridwan Marhid, Soni gunawan, Bang Ali Anwar, Bang Karyana Praja, Remon dan Mamik serta Pak Andri Wintarso," kata Yaska Sarkah Candera yang juga sekertaris tim.

Menurut Sarkeh Tim 10 akan segera melakukan percepatan pengembangan seni budaya melakukan evaluasi, analisa seni budaya yang juga di jadikan dasar pembangunan seni budaya kedepan. Dalam jangka waktu satu tahun ini akan memfungsikan lapangan multi guna sebagai fokus lelaku kesenian seperti malioboro yang ada di Jogja.

Sesuai intruksi Wali Kota Bekasi masih menurut Sarkeh, Pihaknya akan menjadiakan lokasi budaya di beberapa wilayah Kota Bekasi. Sementara terkait dengan anggaran baru akan di siapkan pada APBD 2018. Saat ini tim akan segera melakukan kajian yang pertama adalah desain pembangunan situ rawagede.

"Dalam Menyusun roadmeep lima tahun bisa saja kita susun misalnya hotel kita buat seperti apa, agar menceritakan seni budaya Kota Bekasi. Targetnya membangun kantong seni sebagai pusat seniman berkumpul memiliki gedung kesenian yang bertaraf internasional, target lima tahun kedepan. Tiap tahun kita punya target, dalam berkesenian," ungkapnya.