Bekasi > Laporan Utama

KPUD Jabar Sosialisasikan Pilkada Serentak di Kampus Unisma 45

Kamis, 12 April 2018 16:40 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Indah Mulyanti

Sosialisasi Pilkada Serentak di Kampus Unisma 45 Bekasi.
Sosialisasi Pilkada Serentak di Kampus Unisma 45 Bekasi.
Foto : Indah Mulyanti

Share this








KPUD Provinsi Jawa Barat melakukan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 di Unisma 45 Bekasi.

BEKASI – Dengan mengusug tema Rock the Vote Indonesia Electainment On Campus Pilgub Jawa Barat 2018, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Barat melakukan sosialisasi Pilkada serentak 2018 di kampus Unisma 45 Bekasi, Kamis (12/4/2018).

Anggota Komisioner KPUD Jawa Barat Nina Yuningsih mengatakan, sosialisasi di tingkat kampus ini memang perlu dilakukan. Pasalnya, sebagain mahasiswa termasuk dalam kategori pemilih pemula.

"Mereka perlu mengetahui bagaimana cara mengenali calon-calon kepala daerah yang layak untuk dipilih menjadi pemimpin,” katanya.

Selain harus mengenali kandidat, mahasiswa juga perlu mengenali track record seorang kandidat di Pilkada serentak 2018 ini.

"Pemilih itu tidak boleh asal memilih, apalagi asal pilih, karena sekali asal pilih, pemilih akan menyesalinya selama lima tahun," tambahnya.

Justru sebagai pemilih pemula, lanjut Nina, mahasiswa harus mampu menghindari politik uang, black campaign, dan menghindari praktek-praktek politik kotor.

Sementara itu, Rektor Unisama Bekasi Nandang Natjmulir memberikan apresiasinya atas kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPUD Provinsi Jawa Barat ini di kampus Unisma 45.

Menurutnya, mahasiswa sebagai pemilih pemula perlu mendapatkan ilmu atau pendidikan dalam mengikuti Pilkada. Selain itu, pemilih pemula atau mahasiswa rentan dijadikan menjadi wadah praktek-praktek politik kotor oleh kandidat-kandidat Kepala darah maupun legislatif.

"Jadi ini yang kami sebut sebagai algoritma politik, karena merekakan perlu mendapat pemahaman-pemahaman sebelum mengikuti Pilkada. Jadi kami harap dengan adanya kegiatan ini, para mahasiswa yang masih pemilih pemula dapat memahami cara-cara mengikuti Pilkada," katanya

Lanjut Nandang, sebanyak 70 persen mahasiswa Unisma Bekasi merupakan warga Kota Bekasi. "Sehingga sosialisasi ini memang sangat penting untuk meningkatkan partisipasi Pemilu Gubernur dan Walikota serentak 2018 ini,” ucap Nandang.