Bekasi > Laporan Utama

Kota Bekasi Punya Aplikasi Bekasi Iconic

Rabu, 14 Februari 2018 12:57 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Leny Kurniawati

 Bekasi Iconic
Launching Bekasi Iconic
Foto : Leny Kurniawati

Share this








Bekasi Iconic bukan sekadar wadah aduan masyarakat, melainkan juga wadah informasi dan urusan perizinan.

BEKASI - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostadi) Kota Bekasi hari ini, Rabu (14/2) melaunching aplikasi Bekasi Iconic untuk mempermudah pelayanan masyarakat secara online.

Aplikasi ini merupakan gabungan dari seluruh aplikasi yang sebelumnya telah dibuat oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sebagai perwujudan dari konsep smart city yang selama ini sedang dikembangkan pemerintah Kota Bekasi.

"Pogram ini merupakan gabungan dari seluruh aplikasi yang ada di masing-masing Dinas seperti Sirine di Dinas Kesehatan, Silat di Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Di Kota Bekasi, saat ini terdapat sekitar 25 aplikasi dari masing-masing SKPD, karena itu, untuk mempermudah layanan, warga masyarakat cukup mendownload satu aplikasi yang terhubung langsung dengan masing-masing satuan kerja perangkat daerah yang sebelumnya sudah meluncurkan aplikasi," ungkap Kepala Diskominfostandi Kota Bekasi, Titi Masrifahati, kepada infonitas.com, di Taman Aplikasi Pemkot Bekasi (14/2/2018).

Menurut Titi, saat ini ada sekitar 3.000 keluhan dari warga masyarakat terdiri dari 600 keluhan dilaporkan menggunakan URC (Unit Reaksi Cepat), dan 2.000 lebih menggunakan aplikasi yang telah disediakan masing-masing SKPD.

Mayoritas menyoal sampah, lampu penerangan, infrastruktur jalan, dan traffic light. Warga masyarakat dapat menggunakan aplikasi Bekasi Iconic untuk memberikan masukan serta informasi layanan publik lainnya.

"Memang warga masyarakat Kota Bekasi masih banyak yang belum aware terhadap aplikasi seperti Twitter, Facebook dan aplikasi yang sudah disiapkan, karena dari jumlah keluhan dan informasi yang masuk lebih banyak menggunakan telepon langsung di Unit Reaksi Cepat," tegas Titi.

Pihaknya berharap, kehadiran Bekasi Iconic dapat mempermudah akses warga masyarakat dalam pengurusan izin, mengakses informasi, dan keluhan serta menambah partisipasi warga masyarakat dalam pembangunan. Aplikasi Bekasi Iconic dapat diunduh (download) melalui gadget.

"Cerminan dari warga yang baik adalah peduli terhadap pembangunan wilayah. Dengan aplikasi ini saya harap dapat mempermudah pelayanan publik," pungkas Titi.