Senin, 02 Juli 2018 13:00:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Leny Kurniawati
KJB, Wadah Pemersatu Jurnalis Hijab di Bekasi
Diskusi lintas media yang digelar Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Bekasi
Foto : Leny Kurniawati
 

BEKASI - Berasal dari media berbeda bukanlah sebuah halangan bagi para jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) menjadi satu keluarga. 

Kebersamaan dan kekompakan KJB terlihat saat berkumpul di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (2/7/2018). Salah satu hal yang paling unik dari komunitas ini adalah, saling berbagi pengalaman liputan masing-masing.

Diskusi lintas media berpadu dengan silaturahmi jurnalis hijabers ini dipandu oleh Editor Republika Ratna Puspita. Pada kesempatan tersebut, mereka saling berbagi suka duka saat melakukan tugas peliputan. 

“Meskipun kita berasal dari media yang berbeda-beda tetapi kami selalu kompak dalam satu komunitas,” jelas Ketua KJB Trifty Qurrota. Komunitas ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan organisasi jurnalistik lainnya. 

Selain menjadi wadah berbagi tentang jurnalistik, KJB merupakan wadah belajar mengenai nilai-nilai keislaman dan sarana mempererat ukhuwah Islamiyah. Metode pembelajaran Islam di KJB kali ini terbilang unik, yaitu melalui permainan zakat board games. 

Tema yang diusung dalam silaturahmi para jurnalis berhijab saat itu adalah pemahaman tentang zakat.

Games islami yang unik ini menyerupai permainan monopoli, hanya saja aturan mainnya adalah mengenai zakat.

Tak hanya memahami ajaran Islam melalui cara yang unik, para jurnalis ini juga mendapatkan pelajaran mendalam tentang islam melalui tausiyah yang disampaikan Dewan Pengawas Syariah Inisiatif Zakat Indonesia, Ustad Mohammad Suharsono. 

“Senang sekali bisa ikut acara KJB hari ini. Selain memperdalam ilmu agama, saya juga bisa memperluas jaringan saya bersama jurnalis lain dari beragam media. KJB merupakan sebuah keluarga,” terang Selly salah satu anggota KJB.

Selalu memiliki partner dalam mengadakan event, KJB menggandeng Brand Hijab Suqma dan Moeslema.com, untuk bersama-sama mengajak para jurnalis lintas media melakukan olah raga otak melalui Focus Group Discussion bertemakan produk kecantikan halal.

KJB berhasil menyatukan para jurnalis berhijab dari beragam media sehingga menjadi satu keluarga melalui serangkaian acara positif.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda