Kamis, 09 Agustus 2018 17:40:00
Editor : Fauzi | Reporter : Leny Kurniawati
Jelang HUT Kemerdekaan RI, Penjual Bendera Musiman Bermunculan
Ano, salah satu penjual bendera musiman jelang HUT Kemerdekaan RI di Kota Bekasi.
Foto : Leny Kurniawati
 

BEKASI – Jelang HUT Kemerdekaan RI, sejumlah penjual bendera musiman mulai bermunculan di sudut-sudut wilayah Kota Bekasi. Pantauan Infonitas.com, para pedagang ini terlihat di ruas Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya Pondok Gede, sepanjang Jalan Kalimalang ( K.H Noer Ali), Jalan Ir. Juanda, Jl. Jend. Sudirman, Jl. Raya Pekayon, Jalan Raya Jatiasih hingga Jalan Sultan Agung.

Ano, salah satu pedagang bendera yang ditemui di Jalan Curug Raya, Jatiwaringin, Pondokgede, Kota Bekasi mengaku, ia hanya pedagang bendera musim di kawasan Kota Bekasi. Ia mengaku sengaja datang dari Kota Garut untuk berjualan bendera di Kota Patriot.  "Saya jualannya musiman, dari tanggal 1 Agustus sampai 16 Agustus," ujar Ano, Kamis (9/8).

Menurut Ano, stok bendera tergantung laku atau tidaknya bendera. Jika laku benderanya, pasti akan minta dikirim lagi dari Garut. Menurutnya, hasil keuntungan atau omset yang diperoleh beberapa tahun terakhir tidak menentu."Omset tidak bisa ditentukan, karena jualan bendera tidak tentu hasilnya, kadang ramai dan sepi. Hari ini saja baru laku dua (bendera), malah pernah sepi juga. Kalau ramai, bisa sampai Rp 500 ribu. Kalau sepi, bisa enggak ada (penghasilan) sama sekali,” paparnya.

Soal harga, ia mengaku harganya sudah disesuaikan dengan para penjual bendera di Kota Bekasi jelang HUT Kemerdekaan RI. “Jadi sudah ada kesepakatan, ketentuan harganya. Mulai dari bendera kecil untuk di kaca motor atau mobil, itu Rp 5 ribu. Ada juga beragam jenis bendera dengan harga variatif, tergantung ukurannya, mulai dari Rp 15 ribu – Rp 25 ribu. Untuk umbul-umbul itu Rp 25 ribu. Ada juga bendara ukuran 1 meter x 50 cm itu Rp 35 ribu. Backdrop mulai dari Rp 150 ribu sampai bendera motif Garuda itu Rp 185 ribu,” tuntasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda