Bekasi > Laporan Utama

Ini Jurusan Favorit Mahasiswa di Binus @Bekasi

Sabtu, 23 Juni 2018 10:58 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Leny Kurniawati

Lab pastry Binus @Bekasi
Lab pastry Binus @Bekasi
Foto : Leny Kurniawati

Share this








Jurusan satu ini di Binus @Bekasi sangat unik karena didesain sesuai kebutuhan perhotelan internasional tanpa mengurangi sentuhan budaya Indonesia

BEKASI - Yuliana, Head of Hospitality Management Program BINUS International kepada Infonitas.com, Jumat (22/6/2018), jurusan Hotel Management adalah salah satu jurusan yang unik dan menyenangkan.

Menurutnya, kurikulum jurusan tersebut didesain sesuai dengan kebutuhan industri perhotelan internasional tanpa mengurangi sentuhan budaya Indonesia.

Dengan kesempatan internship di hotel bintang lima di dalam dan luar negeri, mampu menyalurkan antusiasmu mengenai bisnis perhotelan sehingga akan menjadi hotelier yang terampil dengan pengetahuan dan pengalaman yang sangat baik dan siap bekerja di seluruh dunia atau sebagai pengusaha yang menjalankan bisnis sendiri.

Dijelaskan Yuliana, yang menarik dari BiNUS adalah Seragam kuliah praktek Culinary, Front Office, Housekeeping dan Food & Beverage Service. Di sana, mahasiswa juga diajarkan table manner adalah salah satu pintu gerbang untuk mengenal dunia etika pergaulan di dunia perhotelan.

“Melalui table manner, para mahasiswa akan diajarkan cara makan yang formal dan elegan serta hal-hal apa yang harus dipatuhi. Serta dijelaskan, peralatan makan (cutlery) apa saja yang dipakai untuk makan suatu menu tertentu,” paparnya.

Lanjutnya, di Jurusan Hotel Management Binus University, para mahasiswa akan melakukan kegiatan table manner di Hotel Bintang 5 dan disertai dengan Hotel Tour sehingga para mahasiswa mulai merasakan bagaimana pelayanan yang seharusnya diberikan untuk level Bintang 5.

 

Kemudian, mata Kuliah prakteknya yang menarik dan dapat langsung dinikmati hasilnya seperti praktek memasak (food production, pastry, bakery), menghidangkan makanan (restaurant service) ataupun mata kuliah bar/kopi yang langsung membuat minuman ataupun kopi.

Menurut Yuliana, mahasiswa bisa ikut kegiatan part-time saat ada event hotel-hotel di Jakarta sering membuka informasi untuk part-time pada hari Sabtu Minggu ataupun saat ada event seperti saat pernikahan untuk membantu operasional acara pernikahan tersebut. Sehingga saat masih kuliah pun, kita bisa terjun merasakan suasana di Hotel.

"Kita memiliki Program Job Training/Internship Magang, program ini adalah program yang dinanti-nanti mahasiswa, karena pada program ini mahasiswa akan berada selama 6 bulan di industri hotel dan betul-betul merasakan suasana bekerja di hotel. Pengalaman ini sangat berharga karena mahasiswa mulai bertransformasi dari mahasiswa yang terbiasa belajar di kampus, menjadi mahasiswa yang mulai harus bersiap memasuki dunia kerja dengan melayani tamu sesungguhnya dan pengalaman yang nyata," kata Yuliana.

Pada masa sekarang ini, kesempatan untuk melakukan program internship atau magang sangat terbuka luas di area back office. Hal ini karena jaman sekarang, para partner di Hotel merasakan bahwa dengan memberikan kesempatan magang di area back office akan berguna jika mahasiswa sudah lulus, akan lebih mudah mencari kandidat pegawai karena sudah mendapatkan pengalaman bekerja di area yang berbeda dengan Operation Area atau biasa disebut front liner.

"Program magang ini juga dapat dilakukan dengan hotel partner di Jakarta, Bali, dan kota-kota besar yang lain serta diluar Indonesia. Melalui program magang ini, para mahasiswa dilatih kemampuan teknis dan secara mental, terutama untuk mereka yang berada di luar kota (yang bukan berada di area domisili)," tambahnya.

Progam ini, biasanya dimulai dengan proses interview dan assessment untuk menilai kemampuan pribadi. Setelah diterima, para mahasiswa akan diberi Orientasi pada hari pertama mulai magang. Untuk monitoring, hotel akan mengadakan evaluasi setiap bulan (monthly evaluation). Di akhir masa magang, biasanya dipilihlah penghargaan Best Trainee bagi para trainee yang menampilkan performa yang bagus baik kemampuan teknis maupun kemampuan interpersonalnya. Sebagai tanda bukti mereka telah menyelesaikan program ini, maka akan diberikan format penilaian kerja dan sertifikat magang.

"Keuntungan lain bagi mahasiswa yang mempunyai performa magang yang bagus, tentunya akan tercatat di hotel tersebut dan akan lebih mudah untuk diterima bekerja baik di hotel tempat magang maupun hotel lain," tutur Yuliana.

Prospek Karir diantaranya, Accommodation Manager, Catering Manager, Event Manager, Hotel Manager, Public House Manager, Restaurant Manager, Accommodation Business Owner, Restaurant Owner, Airlines and Cruises Team.

Padahal, lanjut Yuliana, mengelola bisnis Management Hospitality dan Culinary Art dibutuhkan keahlian lebih, bukan sekedar praktik kejuruan. Untuk masuk jajaran manajerial, SDM harus memahami bisnisnya juga.

"Nah, ini yang dipelajari di Hospitality Management and Culinary Art," katanya.

Selain dibekali pengetahuan kejuruan tentang perhotelan dan Culinary Art mereka juga diasah untuk mampu menjadi pembuat keputusan dalam pengembangan bisnis. Di Hospitality Management and Culinary Art.

"Misalnya penyelenggaraan acara, MICE, tur wisata, membuat restoran, dan lain-lain. Karya wisata dan penempatan magang ke berbagai negara di Asia, sampai Eropa pun dilakukan untuk menggali pengalaman internasional. Pengalaman-pengalaman seperti ini terus kami tempa agar mahasiswa siap terjun ke dunia kerja. Kita akan kirim mereka ke training industri. Kami memiliki kerjasama dengan Dubai, Thailand, Malaysia, Jakarta, Bali. Untuk study abroad mereka bisa pilih karena kita punya partner sekolah di luar negeri cukup banyak. Selain itu, ada Korea dan jepang selama 6 bulan study abroad disana," kata Yuliana.

"Kami ajarkan mereka berpikir cara mengembangkan perhotelan dan kuliner indonesia," papar Yuliana.

Lanjut Yuliana, para mahasiswa lulusan Hospitality Management and Culinary Art Binus @Bekasi  memang dirancang khusus agar mampu menduduki jabatan penting dalam perusahaan atau menjadi wirausahawan di sektor perhotelan dan kuliner.