Bekasi > Laporan Utama

Bang Bek dan Mpok Asih, Maskot Resmi Kota Bekasi

Minggu, 10 September 2017 12:59 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Indah Mulyanti

Bang Bek memenangi lomba membuat maskot Kota Bekasi.
Bang Bek memenangi lomba membuat maskot Kota Bekasi.
Foto : Indah Mulyanti

Share this








Maskot Kota Bekasi memiliki sebutan Bang Bek dengan gaya jagoan asal Bekasi dengan kostum pangsi hitam dan sendal.

BEKASI – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi mengadakan Lomba maskot boneka yang hasilnya di launching untuk mempromosikan produk industri kecil menengah di Kota Bekasi.

Antusia warga dalam lomba Maskot Kota Bekasi telah mendapatkan pemenang hingga juara harapan 1 dan masing masing hadiah sudah disiapi untuk penghargaan.

Kepala Dinas Perindag Kota Bekasi, H. Makbullah mengatakan, banyak pengrajin Boneka di Kota Bekasi yang mengikuti dan telah disaring oleh dewan juri, yang salah satu nya Sejarawan Kota Bekasi, Ali Anwar. Dari sekian banyak boneka didapati yang sesuai kriteria yakni, boneka milik Agung Nugroho yang berasal dari Depok.

Bang Bek itu sebutan untuk boneka pria dengan gaya jagoan asal Bekasi dengan kostum pangsi hitam dan sendal. Dilengkapi kumis "baplang" melambangkan jawara Bekasi. Untuk boneka perempuan khas Kota Bekasi di beri nama dengan Mpok Asih, yang menggunakan kostum encim untuk melambangkan wanita asal Kota Bekasi.

“Boneka ini akan menjadi satu maskot yang melambangkan Kota Bekasi dengan ciri khasnya dan menjadi andalan kebanggan Kota Bekasi. Dan harus di dorong bersama untuk Kota Bekasi yang maju dan berkembang,” katanya, Minggu (10/9/2017).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyerahkan langsung penghargaan bagi juara lomba. Dia mengatakan, para produsen dan pengusaha kecil dan menengah nantinya akan digaet oleh Pemkot Bekasi untuk diberikan modal usaha melalui Disperindag yang berkoordinasi dengan Dinas UMKM Kota Bekasi.

Rahmat mengatakan, pengusaha kecil akan diberikan modal usaha sebesar Rp 17 miliar. "Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkot Bekasi untuk mengangkat daya saing industri kecil menengah seperti pelaku usaha boneka. Bentuk perhatian Pemerintah Kota Bekasi dalam hal kemudahan akses permodalan, membuat asosiasi boneka, kemudahan dalam perizinan, dan membantu promosi," katanya.

Selain itu, Wali Kota Bekasi menyarankan agar para pemilik mall dan pusat perbelanjaan di Kota Bekasi agar meletakkan maskot baru Kota Bekasi di depan pintu utama mall.

“Cara ini untuk mempromosikan Kota Bekasi sudah memiliki maskot, yang nantinya bisa diperjual belikan di toko toko sehingga masuk dalam mall juga,” imbuhnya.