Bekasi > Laporan Utama

Akses Permodalan Baznas Jangkau Perkampungan di Bekasi

Jumat, 13 Oktober 2017 20:33 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : Yusuf Bachtiar

Balai peternakan Baznas di Kampung Rawakeladi, Desa Suka Indah, Kecamatan Sukakarya, Bekasi.
Balai peternakan domba Baznas di Kampung Rawakeladi, Desa Suka Indah, Kecamatan Sukakarya, Bekasi.
Foto : Yusuf Bachtiar

Share this








Akses permodalan yang diberikan Baznas ke warga Kampung Rawakeladi, Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, kabupaten Bekasi dalam bentuk peternakan domba.

BEKASI - Program Balai Ternak 2017 yang digagas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kampung Rawakeladi, Desa Sukaindah, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi bertujuan untuk memberikan akses Pemodalan untuk meningkatkan pendapatan mustahik dibidang peternakan domba.

Direktur Pendistribusian dan pendayagunaan,renbang, dan diklat nasional Baznas, Mohammad Nasir Tajang mengatakan, Warga Desa Sukaindah didominasi petani dan buruh harian, yang sebagian besar besar mereka tinggal di bantaran Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL) yang merupakan lahan milik pemerintah.

"Sewaktu-waktu tanah itu bisa diambil kembali oleh pemeritah, baik untuk membangun fasilitas terbuka hijau atau perluasan jalan maupun sungai, sehingga mereka perlu modal untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal,"Ungkapnya Kepada Infonitas.com, Jumat (13/10/2017).

Nasir menambahkan, potensi perekonomian yang dapat dikembangkan di wilayah Desa Sukaindah adalah peternakan dan Pertanian. "Kedua sektor ini sudah menjadi hal yang tidak asing bagi warga setempat, meski demikian edukasi terkait peternakan dan pertanian perlu dioptimalkan," tambahnya

Untuk itu kata dia, pihak Baznas membuat model penguatan mustahik melalui kelompok pengusaha peternak domba, dimana setiap kelompok terdiri dari 19 orang yang nantinya akan ada relawan Baznas mengontrol dan mengedukasi terkait budidaya ternak yang baik.

"Para mustahik juga mendapatkan pendampingan dan pelatihan tentang kandang ternak yang baik, edukasi pakan dan obat-obatan, edukasi pengembangbiakan dan penggemukan domba serta pengolahan limbah," paparnya

Pelatihan tersebut dilakukan secara berkala sesuai kebutuhan dengan melibatkan stakeholder setempat yang dijadikan relawan Baznas guna menyukseskan program tersebut.