Bekasi > Laporan Utama

2 Perumahan di Tambun Terendam Banjir

Minggu, 19 Februari 2017 21:13 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Yusuf Bachtiar

Banjir di Griya Satria Pesona, Tambun, Bekasi, Minggu (19/2/2017). (Yusuf)
Banjir di Griya Satria Pesona, Tambun, Bekasi, Minggu (19/2/2017). (Yusuf)
Foto : Yusuf Bachtiar

Share this





Banjir melanda kawasan Perumahan Griya Satria Pesona dan Perumahan Satria Residence, Desa Setia Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Bekasi.

BEKASI - Hujan deras tak hanya mengguyur Jakarta. Bekasi, pada Minggu (19/2/2017) juga mengalami curah hujan tinggi dan mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah. Banjir melanda kawasan Perumahan Griya Satria Pesona dan Perumahan Satria Residence, Desa Setia Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Bekasi.

Atas curah hujan hampir sepanjang hari itu, Kali Busa yang berada di kawasan perumahan tersebut meluap ke pemukiman warga hingga setinggi 70 centimeter.

Menurut catatan Ketua RW 14, Hasanudin, sebanyak 130 Kartu Keluarga (KK) terpaksa mengungsi. Sampah yang menumpuk di Kali Busa, kata dia, menjadi faktor utama banjir di wilayah tersebut.

"Dampak dari banjir ini mengakibatkan dua RT terendam, RT 9 dan 10. Serta ditambah pemukiman warga di Perumahan Satria Residence sebanyak 45 KK," kata Hasanudin kepada infonitas.com di Perumahan Griya Satria Persona, Tambun Utara, Bekasi, Minggu (19/2/2017).

Menurut dia, tumpukan sampah di Kali Busa ikut terbawa arus air dan memasuki kawasan rumah warga.

"Normalisasi kali pernah kami lakukan. Tapi karena gorong-gorongnya sempit, sampah-sampah itu menyambut hingga menumpuk," kata dia.

Sejak beberpa bulan lalu, kata dia, sudah melakukan kordinasi ke Desa Setia Jaya, dan Pihak Kecamatan Tambun Utara. Tetapi, ia mengatakan sampai sekaramg belum ada tindakan yang dilakukan.

"Ini kalau hujan minimal 3 jam, sudah pasti air kali meluap dan rumah warga pasti banjir," keluhnya.

Semetnara, warga yang rumahnya terendam banjir diungsikan ke Musholah dan posko Banjir yang dibuat atas dasar swadaya masyarakat. Banjir yang melanda Perumahan Griya Satria Pesona dan Perumahan Satria Residence memurut Hasanudin baru akan surut sekitar satu hari ke depan