Bekasi > Kuliner

Olahan Ayam Lebih Bervariasi, Dari Pecel Hingga Burger Ayam Tandoori

Senin, 02 Juli 2018 14:15 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Leny Kurniawati

Menu olahan ayam semakin bervariasi.
Menu olahan ayam semakin bervariasi.
Foto : Leny Kurniawati

Share this








Kuliner olahan ayam di Indonesia memang kian populer. Ada di gang sempit hingga restoran besar.

BEKASI - Seekor anak ayam bertanya kepada induknya. “Mengapa kita hanya punya panggilan satu nama, berbeda dengan manusia? Manusia punya banyak nama panggilan, ada Anto, Budi, Andi, atau Jefri.”

Induk ayam mencoba menenangkan anaknya. “Nama manusia berbeda-beda hanya saat hidup. Kalau mereka mati. Namanya cuma satu, mayat. Berbeda dengan kita. Kalau kita mati, nama panggilan kita banyak, ada ayam goreng, ayam panggang, ayam penyet, ayam geprek, hingga ayam bumbu-bumbuan.”

Ya, cerita induk dan anak ayam itu sempat menghiasi media sosial. Memang hanya sekadar humor belaka. Entah darimana sumbernya. Yang pasti, si penulis sepertinya mencoba mengembangkan ide humornya dari kondisi yang sedang tren saat ini.

Kuliner olahan ayam di Indonesia memang kian populer. Namanya sudah beragam. Dulu, mungkin masyarakat hanya mengenal, Ayam Goreng, Ayam Sambal Ijo, Ayam Bakar, atau semur ayam. Namun, kini, sudah ada Ayam Geprek, Ayam Kremes, Ayam Gemes, Ayam Nelongso, hingga Ayam Sambal Setan. Bahkan, masih banyak nama-nama ‘nyeleneh’ lainnya yang sengaja dikreasikan pengusaha kuliner untuk tampil beda.

Semisal di Kota Bekasi. Tempat makan yang menyajikan menu olahan ayam semakin merajalela. Mulai dari gang-gang sempit hingga restoran-restoran besar. Dari Pecel Ayam di warung tenda pinggir jalan, hingga Burger Ayam Tandoori di restoran.

Menurut Store Manager Chicking Area Bekasi dan Mall Bassura, Damiri, menu ayam memang sudah menjadi makanan yang mudah dikonsumsi masyarakat. Itu sebabnya, hampir 80 persen menu-menu di Restoran asal Dubai ini merupakan olahan ayam khas Timur Tengah. Andalannya antara lain Ayam Panggang dan Nasi Biryani.

Ayam yang nampak kecokelatan ini diracik dengan bumbu spesial yang telah meresap ke daging ayam. Rasanya cukup pedas, namun tetap nikmat disantap. Apalagi disantap bersama nasi briyani yang memiliki aroma rempah yang menggoda

"Pengunjung di sini banyak yang menyukai ayam bakar dibandingkan dengan ayam goreng," kata Damiri kepada Infonitas.com di Mega Bekasi City, Rabu (20/6).

Menu yang tidak boleh terlewatkan lainnya, yakni Tandoori Burger Sandwich. burger mengapit fillet ayam goreng tepung. Pelengkapnya ada bubuk tandoori berwarna kemerahan di permukaan fillet. Selain itu, ada tambahan cincangan selada, irisan tomat dan mayonnaise. Burger ini dibanderol seharga Rp 45.455.

Ada juga Royal Wrap, lembaran tortilla mengapit potongan fillet ayam goreng tepung. Pelengkapnya ada cincangan selada dan mayonnaise. Gurih, padat dan empuk. Bisa jadi pilihan kalau Anda sedang tak ingin makan nasi.

Emilya, Supervisor Ayyasy Middle Eastern Fried Chicken sependapat. Ayam seakan lebih populer dari sumber-sumber protein lainnya karena mudah diterima lidah masyarakat Indonesia sekalipun sudah dikreasikan. “Mau digoreng, dibakar, atau dicampur bumbu lain, olahan ayam bisa mudah dinikmati.

Sehingga wajar, bila banyak pengusaha yang berani terjun ke ayam karena pasarnya memang sangat besar. Namun, yang terkadang menjadi kekhawatiran, apakah sebelum diolah, ayam dipotong secara benar atau tidak, dalam arti halal atau tidak?

Celah itulah yang dimanfaatkan oleh Ayyasy Middle Eastern Fried Chicken. “Kami sengaja melabelkan diri sebagai restoran fried chicken yang syar’i dan Islami, ayam goreng halal. Semua proses mulai dari pemotongan hingga pengolahan dilakukan secara syar’i,” tutur Emil, sapaan akrab Emilya.

“Jadi, yang membedakan, pertama memiliki konsep islami sehingga apabila pengunjung datang sudah bisa langsung memastikan bahwa makanan yang disajikan kami adalah halal. Kedua, bahan baku yang kita ambil harus memiliki surat dan sertifikasi sehingga pengunjung bisa memastikan halal, apalagi dilengkapi dengan sertifikasi yang menandai halal," tambahnya.