Bekasi > Komunitas

Parkour, Seni Berpindah Tempat

Kamis, 16 Februari 2017 16:24 WIB
Editor : Admin | Sumber : Dok. Majalah Info Bekasi

Komunitas Parkour
Komunitas Parkour
Foto : Ibnu Wibowo

Share this








Parkour merupakan aktivitas yang menggabungkan gerakan lari, lompat, climbing dan senam.

Info Komunitas - Parkour merupakan aktivitas yang menggabungkan gerakan lari, lompat, climbing dan senam. Kegiatan ini kerap disebut sebagai seni berpindah tempat. Seni  bergerak yang berasal dari Prancis ini kian dikenal setelah film Yamakazi dirilis pada 2004. Film itu berkisah tentang sekelompok anak muda yang menggemari Parkour. Parkour kian populer ketika gerakan-gerakan parkour menjadi tontonan atraktif di film District 13. 

Kini parkour mulai dikenal di Indonesia setelah Komunitas Parkour Indonesia resmi berdiri pada 15 Juli 2007. Kemudian disusul komunitas parkour lainnya di kota-kota besar. Kota Bekasi salah satunya. “Dulu teman-teman sering latihan di Jakarta, karena banyak dari Bekasi akhirnya kami membentuk Parkour Regional Bekasi,” jelas Lia, pengurus Parkour Bekasi. Bekasi Parkour atau Bekpek dideklarasikan pada 2007. Seiring berjalannya waktu komunitas ini mengubah namanya menjadi Parkour Bekasi. 

Parkour Bekasi saat ini telah memiliki 200 anggota, namun yang aktif hanya 30 anggota. Menurut Lia, komunitas yang kerap latihan di GOR Bekasi ini memiliki beberapa tim, mulai dari Harapan Indah, Grand Wisata, dan Jatisari. “Walaupun di Bekasi memiliki beberapa tim, pusatnya tetap di GOR Bekasi,” katanya. 

Lia mengatakan untuk bergabung ke komunitas ini tak harus memiliki skill untuk melakukan gerakan parkour. “Awalnya kami semua dari tak bisa, karena sering latihan kami bisa melakukan teknik gerakan parkour. Bagi yang pemula kami ajarkan gerakan dasar dulu, seperti precision jump dan rolling. Tak perlu khawatir, keamanan kami utamakan,” jelasnya. 

Bagi yang ingin bergabung pada Parkour Bekasi, lanjut Lia, silakan datang ke GOR Bekasi. Karena, komunitas ini terbuka untuk umum. “Kami latihan dua kali dalam sepekan. Minggu untuk latihan fisik dan gerakan dasar. Sabtu, latihan gerakan baru,” pungkasnya.