Bekasi > Kesehatan

Siloam Hospitals Lippo Cikarang Perkenalkan Metode Pergantian Lutut

Selasa, 08 Mei 2018 18:22 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Leny Kurniawati

Siloam Hospitals Lippo Cikarang
Siloam Hospitals Lippo Cikarang
Foto : Leny Kurniawati

Share this








Para penderita osteoarthritis dapat melakukan metode operasi pergantian lutut di Siloam Hospitals Lippo Cikarang.

BEKASI – Siloam Hospitals Lippo Cikarang memperkenalkan Total Knee Replacement (TKR), yakni operasi penggantian sendi lutut (arthroplasty) dengan bahan logam dan plastik (polyethylene). Permukaan tulang bawah diganti dengan logam datar yang beralaskan plastik. Berperan sebagai tulang rawan. Bagian bawah tempurung lutut juga bisa diganti dengan plastik. 

Menurut dr. Hendra Andry Wijaya, SpOT, kondisi itu lazimnya terjadi pada penderita osteoarthritis (OA), penyakit degeneratif atau penuaan dengan proses kronik yang ditandai dengan kerusakan rawan sendi.

“Bantalan/shock absorber (selain meniscus dan cairan sinovial) yang berfungsi menyerap benturan dan memudahkan pergerakan sendi. Kerusakan rawan sendi menyebabkan tulang bergesekan satu sama lain, menyebabkan kekakuan, nyeri, dan berkurangnya ruang pergerakan sendi,” tuturnya.

TKR diberikan untuk kondisi osteoarthritis stadium lanjut atau grade IV, biasanya disertai dengan perubahan bentuk fisik dari kaki menyerupai huruf ‘O’ atau ‘X’. Meski lutut aritifisial tidak sempurna seperti sebelumnya, tapi operasi itu akan memperbaiki kualitas hidup penderita dengan hilangnya rasa nyeri, kekakuan sendi, dan bentuk sendi lutut yang bengkok.

Saat ini, yang membutuhkan tindakan TKR antara lain, osteoarthritis tingkat lanjut. Penyakit sendi ini disebabkan oleh kerusakan tulang rawan yang berada di sendi dan tulang. Sendi utama pasien, termasuk lutut menjadi kaku dan terasa nyeri. 

Lalu, rheumatoid arthritis progresif. Bedah penggantian lutut total sangat direkomendasi bagi pasien dengan gejala mendadak dan kronis, terdiagnosis penyakit di usia muda, dengan peradangan yang aktif saat tes darah dan cairan sendi, menderita kerusakan sendi ekstensif yang terdeteksi oleh tes sinar-X, dan tingkat faktor rheumatoid atau antibodi sitrulin yang tinggi.

Sementara, untuk kelainan bentuk valus dan valgus, pasien dengan kondisi angulasi ke dalam atau luar di segmen distal sendi lutut dapat menjalani bedah penggantian lutut total untuk memperbaiki kelainan tersebut baik trauma sendi atau tulang. "Bedah penggantian lutut dapat direkomendasi pada pasien, khususnya pasien berusia muda, yang menderita trauma berat pada sendi atau tulang lutut," pungkasnya.