Bekasi > Kesehatan

Media Conference Operasi Wasir PPH Di Siloam Lippo Cikarang

Kamis, 28 September 2017 18:50 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Indah Mulyanti

Media Conference Operasi Wasir
Media conference operasi wasir metode PPH di Siloam Lippo Cikarang.
Foto : Indah Mulyanti

Share this








Metode PPH untuk operasi wasir ini menurut Dr. Loekwin Frederick dari Siloam Lippo Cikarang, ditemukan oleh spesialis bedah pencernaan asal Italia.

BEKASI – Kemajuan teknologi kedokteran dan teknologi bedah, memungkinkn operasi wasir yang semula dilakukan secara konvensional. Kini dapat dilakukan dengan metode operasi PPH (Haemorrhoid Circular Stapling). Dokter Spesialis Siloam Lippo Cikarang dr. Loekwin Frederick Sp.B mengatakan, teknik ini pertama kali ditemukan oleh ahli bedah pencernaan dari Italia, Dr. Antonio Longo.

"Metode ini menggunakan alat Staples PPH yang bertujuan agar Haemorrhoid Cushions tidak diangkat. Penonjolan Cushions dikoreksi sehingga akan kembali ke posisi anatomis awal. Selain itu, dengan metode ini juga dilakukan perbaikan aliran darah secara mekanik dengan blockade sebagai besar pembuluh darah di sekitar cushions," jelas dr. Loekwin Frederick, Kamis (29/9).

Lebih jauh ia menerangkan, Haemorrhoid yang dikenal dengan Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah yang berada di dalam dan sekitar anus serta bagian luar dubur. Pembengkakan ini dapat menjadi masalah apabila terjadi peregangan dan tekanan terus menerus, sehingga pembuluh darah dan jaringan penyangga menjadi lemah dan menonjol keluar. “Wasir dibagi menjadi dua yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terbagi menjadi empat stadium sesuai dengan ringan beratnya gejala. Stadium satu yang ringan dan stadium empat yang terberat," ungkapnya.

Ia menambahkan, ada beberapa keuntungan dari operasi wasir dengan metode PPH dibanding dengan bedah konvensional. "Di antarnya, pemulihan pasca operasi sangat cepat, minimal nyeri yang dirasa pasien, tidak terdapat skar operasi, dan segera dapat beraktivitas kembali," pungkasnya dalam media conference Siloam Lippo Cikarang dengan awak media ini.