Kamis, 27 September 2018 18:04:00
Editor : Fauzi | Sumber : DBS.
Kota Bekasi Belum Bebas Endemik Kaki Gajah
Ilustrasi Penyakit Kaki Gajah.
Foto : istimewa
 

BEKASI – Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezi Syukrawati mengungkapkan, Pemerintah Kota Bekasi menargetkan bisa memeroleh sertifikasi eliminasi dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2019 mendatang, terkait membebaskan Kota Bekasi dari endemik Penyakit Kaki Gajah.

“Kota Bekasi belum memiliki sertifikasi eliminasi dari Kementerian Kesehatan, karena masih ada warga dari Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang yang menderita Penyakit Kaki Gajah,” jelasnya, Kamis (27/9).

Lebih jauh ia menerangkan, pihaknya akan melakukan berbagai langkah untuk mewujudkan Kota Bekasi bebas endemik Kaki gajah dan memeroleh sertifikasi eliminasi dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2019.

“Sejauh ini, penderita Kaki Gajah di Kota Bekasi masih malu untuk memeriksakan kondisinya dengan menjalani pengobatan rutin ke rumah sakit. Kalau sudah parah, baru memeriksakan, padahal kalau sudah darurat, pembengkakan tidak akan hilang,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala RSUD Kota Bekasi Kusnanti Saidi menambahkan, pihaknya mendapat beberapa rujukan kasus Kaki Gajah dari Puskesmas, kebanyakan sudah ditangani di Puskesmas. “Tak perlu malu untuk berobat, karena saat ini penanganannya sudah bisa menggunakan Kartu Sehat berbasis NIK,” singkatnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda