Kamis, 06 Desember 2018 17:21:00
Editor : Fauzi | Sumber : DBS
Kesalahan Orangtua Saat Menggunakan Kursi Bayi di Mobil
Ilustrasi penggunaan kursi bayi di mobil.
Foto : istimewa
 

BEKASI – Seiring dengan perkembangan zaman, orangtua masa kini akrab dengan penggunaan kursi bayi untuk di dalam mobil. Namun, tanpa disadari ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan orangtua saat menggunakan kursi bayi untuk anaknya.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Academy of Pediatrics, San Diego, Amerika Serikat ditemukan, 93 persen orangtua melakukan kesalahan saat mendudukkan anak di kursi bayi dalam mobil dan berpotensi menyebabkan cidera. Hal ini lantaran otot-otot tubuh bayi masih lemah. Sedikitnya ada lima kesalahan yang sering dilakukan orangtua terkait hal ini

Pertama, kebiasaan menggunakan kursi bayi bekas sang kakak bisa menekan pengeluaran. Namun perlu diingat, car seat untuk bayi memiliki usia pakai ideal, yakni 6 tahun. Jika sudah lebih dari 6 tahun, bagian-bagian tertentu pada kursi sudah tidak maksimal bahkan rapuh. Ingat, Anda menggunakannya di dalam mobil yang berjalan.

Berikutnya, kesalahan Kedua yang umum dilakukan orangtua adalah menempatkan kursi bayi di depan. Perlu diingat, jika Anda menggunakan mobil keluaran sekira satu dasarwasa lalu, tentu mobil Anda sudah dilengkapi dengan teknologi airbag untuk kursi pengemudi dan penumpang depan. Jika terjadi kecelakaan, airbag yang mengembang bisa membahayakan si kecil karena terhimpit di kursinya dan bisa kesulitan bernafas. Idealnya, car seat diletakkan di kursi tengah baris kedua, bukan di pinggir kiri atau kanan.

Terakhir atau Ketiga, kesalahan yang banyak dilakukan orangtua adalah tidak melepas jaket atau selimut yang menutupi bayi. Kelihatannya anak akan hangat dan nyaman, padahal, ini bisa menyebabkan anak mengalami gerah dan sulit gerak. Belum lagi potensi kulit anak lecet lantaran gesekan keringat di kulit dengan tali pengaman dan selimut atau jaket. Dan, kesalahan ini acap kali diikuti pula dengan melonggarkan tali pengaman, agar anak tidak terhimpit. Namun, ini justru menimbulkan bahaya yang lain, dimana anak bisa terlepas dari kursi bayi yang didudukinya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda