Bekasi > Kesehatan

Hati-Hati, Orang dengan Berat Badan Normal Juga Bisa Kena Diabetes

Senin, 17 Juli 2017 20:52 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Ilustrasi Pengecekan Diabetes
Ilustrasi Pengecekan Diabetes.
Foto : istimewa

Share this








Kendati memiliki berat badan normal, hal tersebut bukan jaminan bahwa orang yang bersangkutan lepas dari risiko diabetes tipe 2.

BEKASI – Diabetes masih menjadi momok bagi sebagian orang, utamanya mereka yang memiliki berat badan berlebih. Sebab biasanya, penyakit ini menyerang mereka yang memiliki berat badan atau masa badan yang berlebihan.

Tapi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang dengan berat badan normal juga bisa terserang diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Mengutip Detik.com, Profesor Arch Mainous, pakar kesehatan masyarakat dari University of Florida, menulis di laman Medical Daily bahwa diabetes tipe 2 adalah penyakit mematikan yang bisa dicegah, namun belum bisa diobati secara permanen. Ia mengatakan, langkah pencegahan dengan menjaga berat badan memang bisa mengurangi risiko terserang diabetes tipe 2.

Meski begitu, di usia 45 tahun ke atas, menjaga berat badan tetap normal tidak cukup untuk menangkal serangan diabetes. Hal ini dibuktkan oleh data yang dimiliki United States Preventive Services Task Force, di mana 33 persen orang dewasa yang memiliki berat badan normal didiagnosis mengidap prediabetes.

"Saat ini, skrining dan pencegahan dini diabetes hanya difokuskan kepada mereka yang kelebihan berat badan dan atau mengalami obesitas. Padahal diabetes bisa menyerang siapa saja, termasuk mereka yang memiliki berat badan normal," tutur Prof Arch, dikutip dari Medical Daily.

Prof Arch menyoroti fenomena yang disebut sebagai 'skinny fat'. Orang-orang ini memiliki berat badan normal, namun massa ototnya kalah jauh daripada jumlah lemak. Hal ini membuat komposisi tubuh mereka buruk. Merekalah orang-orang yang juga berisiko tinggi mengalami diabetes tipe 2.

Menurutnya, pemahaman masyarakat tentang komposisi dan proporsi tubuh masih sangat rendah. Seseorang yang memiliki berat badan 60 kg di usia 55 tahun masih dianggap normal. Padahal bisa jadi, berat badannya berasal dari lemak, bukan massa otot. "Seseorang bisa saja tetap memiliki berat yang sama dari usia 25 tahun hingga 50 tahun. Namun proporsi tubuhnya pasti berubah, massa otot berkurang dan lemak semakin banyak," tandasnya.